Cara Mengatasi Pesan Kesalahan Alamat IP Yang Konflik Pada Windows

Cara Mengatasi Pesan Kesalahan Alamat IP Yang Konflik Pada Windows

Jika anda mengalami masalah dengan pesan kesalahan Another computer on this network has the same IP address as this computer. Contact your network administrator for help resolving this issue. More details are available in the Windows System event log IP Addres Conflict, maka anda perlu membaca artikel ini.  Karena banyak pengguna Windows, yang menggunakan port Ethernet di beberapa komputer dapat menerima alamat IP Jaringan yang konflik dengan komputer lain pada jaringan ini. 

Mengapa Alamat IP bisa konflik dan mengapa ini bisa terjadi ?





Jika Anda menggunakan koneksi Ethernet langsung tanpa router Wi-Fi, Anda dapat menghadapi masalah ini. Bila Anda menggunakan koneksi seperti itu, anda harus memasukkan alamat IP, Subnet mask, gateway default, DNS server, dan server DNS alternatif. Setelah memasuki ini, koneksi tersebut meregister MAC address atau alamat jaringan saat ini sebagai default. Jika Anda mencabut koneksi Ethernet dari komputer pertama dan mencoba untuk menghubungkannya ke komputer lain, jaringan tidak akan dapat mengenali alamat MAC komputer kedua, karena alamat tersebut sudah terdaftar pada komputer pertama. Oleh karena itu, Anda akan mendapatkan jendela popup yang menampilkan pesan ini.

Jika Anda berada di jaringan rumah, matikan router anda, tunggu 10-15 detik, dan kemudian nyalakan lagi dan lihat apa yang terjadi. Langkah sederhana ini dapat membantu Anda memperbaiki masalah tersebut. Jika tidak, saran dibawah ini dapat membantu Anda.

Mengubah alamat MAC

Anda perlu menggunakan alamat MAC yang pertama diregister. Untuk mendapatkan alamat MAC dari komputer pertama atau komputer yang saat ini terhubung, caranya :

  • Buka Command Prompt, dan masukkan perintah ini, dan tekan Enter.

pconfig / all

  • Anda akan melihat Alamat Fisik dalam hasil seperti pada gambar contoh dibawah ini.

Alamat Ip

  • Sekarang, buka komputer kedua. Tekan Win + R, ketik cpl dan tekan Enter.
  • Klik kanan pada Ethernet [jumlah] (jika ada)> pergi ke Properties> Configure> Advanced> Network Address.
  • Tuliskan alamat MAC dalam kotak dan simpan pengaturan Anda.

Memperbaharui alamat IP dengan menggunakan Command Prompt

Jika Anda hanya memiliki satu komputer, tapi masih menerima pesan kesalahan ini, anda mungkin perlu memperbaharui alamat IP anda dan langkah dibawah ini mungkin bisa membantu.


  • Buka jendela Command Prompt dan jalankan perintah berikut:

ipconfig / release

ipconfig / renew

  • Perintah pertama akan melepaskan alamat IP anda saat ini dan perintah kedua akan menetapkan alamat IP baru.

Seomga metode ini bisa membantu.

Baca juga :



Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com