Melihat Lebih Dekat Nvidia Geforce GTX 1080 Ti Founder Edition

Melihat Lebih Dekat Nvidia Geforce GTX 1080 Ti Founder Edition

GeForce GTX 1080 Ti sudah resmi dirilis dan akan tersedia dalam beberapa hari atau minggu lagi untuk konsumen. Ini merupakan kartu grafis terbaru andalan Nvidia untuk konsumen yang menjanjikan kinerja yang lebih baik. Peran ini mungkin memang layak, dimana kartu grafis baru ini menawarkan jumlah yang sama dari unit shader dan frekuensi clock sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan Nvidia Titan X (Pascal).






Dengan harga sekitar 9.5 jutaan, anda akan memiliki sebuah kartu grafis baru yang hampir setingkat dengan kartu grafis terbaik saat ini untuk konsumen, yakni Nvidia GTX Titan X Pascal. Dan kabar baiknya, Nvidia berencana untuk menurunkan harga Nvidia GeForce GTX 1080 . Seperti yang dikutip dari situs Tom’s Hardware, dimana GeForce GTX 1080, akan memiliki harga jauh lebih murah pada akhir pekan ini, setelah Nvidia GeForce GTX 1080 Ti mulai dijual. Hal yang sama juga akan terjadi dengan Nvidia GeForce GTX 980.

Awal pekan ini, beberapa mitra Nvidia akan merilis versi kartu grafis mereka sendiri, seperti halnya EVGA yang akan menghadirkan GTX 1080 Ti dengan teknologi ACX terbaru. Namun, jika anda ingin membeli atau melihat lebih dekat tentang desain GTX 1080 Ti ini, anda bisa memesan GTX 1080 Ti Founder Edition yang sudah bisa dipesan sejak beberapa waktu yang lalu.

1080 Ti
Perbandingan spesifikasi Kartu grafis Nvidia GTX 1080 Ti dengan kartu grafis Nvidia lainnya

Jika anda penasaran dengan  GTX 1080 Ti Founder Edition, kami akan hadirkan ulasan singkat mengenai kartu grafis ini, khususnya seri Founder Edition dari segi desain tentunya, bukan kinerja, karena kartu grafis ini masih belum tersedia untuk konsumen hingga beberapa hari kedepan. Mari kita lihat lebih dekat mengenai GTX 1080 Ti Founder Edition.

Desain Baru

Selama presentasi pada acara GDC beberapa waktu lalu, Nvidia mengumumkan bahwa Nvidia GeForce GTX 1080 Ti memiliki cooler atau sistem pendinginan terbaru yang telah dimodifikasi jika dibandingkan dengan pendahulunya, dimana cooler ini akan memiliki sistem pendinginan yang lebih baik daripada sebelumnya. Walaupun dari segi bentuk,  1080 Ti ini terlihat identik dengan barisan kartu grafis Nvidia sebelumnya(khususnya GTX 1080), seperti dari Kombinasi bahan, aluminium yaitu cor dan plastik, juga kehadiran pendingin dengan ukuran 62mm radial.

1080 Ti

Sedangkan dilihat segi dimensi, Nvidia GeForce GTX 1080 Ti  lebih condong identik dengan Titan X (Pascal). Dimana ia memiliki Jarak dari ujung penutup slot hingga akhir pendingin dengan ukuran 26.9cm. Ia juga memiliki tinggi 10.5cm , diukur dari bagian atas slot motherboard ke atas pendingin, dengan kedalaman 3.5cm, kartu ini sesuai dengan desain dual-slot yang terdengar familiar dengan “T“. Sementara, beban berat dari kartu grafis ini memiliki 1 Kg.

Untuk depan kartu ketika dipasang pada slot Pcie motherboard, anda akan melihat logo hijau yang menyala dengan sebuah delapan pin dan enam-pin konektor power. Pada bagian akhir kartu, ia memiliki udara ventilasi yang sebelumnya juga sudah hadir pada barisan kartu grafis Nvidia Founder Edition yang memungkinkan beberapa udara panas untuk dibuang keluar.



1080 Ti
Konektivitas yang hadir pada GTX 1080 Ti

Untuk sisi konektivitas, GTX 1080 Ti memiliki tiga konektor DisplayPort dan satu konektor HDMI yang semua sudah tersedia pada penutup slot kartu; sisanya diambil oleh kisi-kisi ventilasi.Dan Nvidia tampaknya meniadakan konektor DVI kali ini untuk memungkinkan peningkatan aliran udara keluar dari penutup slot kartu. alat pendingin

Pendinginan

Jadi apa yang berubah jika dibandingkan dengan GTX 1080 sebelumnya? Ya, perubahan yang jelas disini adalah Nvidia GTX 1080 Ti kini memiliki penghubung controller PWM di belakang papan dengan salah satu bagian dari bagian punggungnya yang menggunakan Fleece termal yang lebih tebal, dimana ini merupakan bahan terbaru. Pengaturan ini dimaksudkan untuk meningkatkan pembuangan panas.

Pelat bawah besar pendingin ini mengusung panel termal biasa untuk konverter tegangan dan modul memori. Nvidia juga masih menggunakan ruang uap yang masuk ke dalam bagian bawah pendingin sebagai pendingin GPU utama, dimana ini mirip dengan edisi Founders sebelumnya.

Desain papan

Hal pertama yang terbaru dari desain ini adalah kenyataan bahwa Nvidia sekarang memiliki kartu yang lengkap dengan regulator tegangan. Nvidia Titan X (Pascal) memiliki tata letak yang sama tetapi tidak memiliki semua ruang yang benar-benar bisa diduduki. Walaupun Nvidia telah menggunakan desain board ini sama sejak Quadro P6000.

1080 Ti

Berbeda halnya untuk modul memori. Dibandingkan dengan Nvidia Titan X (Pascal), satu modul memori yang hilang. Sehingga hanya ada total 11 modul memori MT58K256M321-Ja110 GDDR5X Micron yang dapat ditemukan. Mereka menawarkan hingga 11 GB / s, yang dimaksudkan untuk mengimbangi antarmuka memori 32 bit yang hilang dengan frekuensi clock yang lebih tinggi dari 5,500MHz .

Simpulan

Nvidia GTX 1080 Ti diklaim oleh Nvidia akan memberikan kinerja yang lebih tinggi dibandingkan dengan GTX 1080 sebelumnya, namun untuk hasil kinerja, belum ada situs yang merilis hasil kinerja dari kartu grafis ini, karena sesuai dengan NDA(A Non-disclosure agreement), hasil benchmark baru akan dirilis jika sudah diperbolehkan oleh Nvidia dan sudah resminya kartu grafis ini dirilis untuk konsumen dalam beberapa hari kedepan.




Jadi, apa yang kita simpulkan? Melihat dari sisi desain , GTX 1080 Ti akan memiliki konseptualisasi pendinginan yang dimaksimalkan dibanding sebelumnya. Dimana kartu grafis ini beralih dari komponen aktif dan menggunakan panel termal tambahan untuk mengefektifkan pembuangan panas yang dihasilkan. Pendingin itu sendiri harus identik dari sudut pandang kinerja. Kita hanya akan lihat bagaimana kinerja kartu grafis yang sangat menjanjikan ini hadir untuk mengisi kekuatan gaming terbaru dalam beberapa hari lagi.

Baca juga :



Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com