- Hardware, Laptop

MSI GL62M 7RD Review : Gaming Laptop Yang Tangguh Dan Terjangkau

MSI selalu hadir bagi penggemar gamer dengan memberikan mereka gaming laptop yang solid dengan warna hitam merah dan kinerja yang mumpuni. Dan kini, hadirnya gaming laptop MSI GL62M 7RD yang membawa generasi terbaru dari prosesor intel Kaby Lake semakin membuat lengkap jajaran gaming laptop khususnya untuk entry level hingga mid-end.

MSI GL62M 7RD hadir membawa prosesor terbaru intel Core i7 7700HQ, dengan clock 2.8Ghz (6M cache, up to 3.8Ghz),pilihan Ram 8 Gb DDR4-2133 yang bisa ditambah hingga 32 GB yang cukup untuk memainkan game terbaru 2017 ini. Selain itu, GL62M juga memiliki chipset grafis GTX 1050 terbaru dengan memori 2 GB GDDR5, dimana chipset ini cukup terkenal untuk desktop karena kemampuannya yang hebat baik itu dari sisi kinerja maupun harga.

MSI GL62M 7RD Review

Berikut spesifikasi lengkap dari MSI GL62M 7RD  :

    • Intel Core i7-7700HQ 2.8Ghz (6M cache, up to 3.8Ghz)
    • 8GB DDR4-2133 Up 32 Gb
    • Hard Drive : 1 TB (SATA) 5400rpm 
    • Latest GeForce® GTX 1050 2GB GDDR5 with desktop level performance
    • 6″ Full HD (1920×1080), 94%NTSC wide-view panel
    • Exclusive Cooler Boost 4 Technology
    • The X Boost function from MSI technology supports faster storage access speed.
    • Dragon Center provides six functions to get a total control of your personal computer
    • USB Type-C reversible plug
    • Exclusive SHIFT technology boosts performance under controlled noise & temperature
    • Nahimic Sound 2 Technology delivering 360⁰ immersive audio experience
    • Audio Boost enhancing the gaming headset sound detail and sound stage
    • Keyboard by Steelseries with better tactile feedback
    • Matrix Display supporting 4K output up to 2 external monitors
    • Harga : Rp 12,999,000

Desain

Tampilan warna hitam pekat dengan paduan sedikit warna merah selalu menjadi bagian dari gaming laptop MSI yang menjadi ciri khas tersendiri, dimana hal inilah yang membuat MSI tampak elegan ditambah dengan kemampuannya yang sangar.




Selain itu, MSI GL62M 7RD juga memiliki layar 15.6” yang sudah lebih dari cukup untuk sebuah gaming laptop anggaran, dan kemampuan resolusi Full HD (1920×1080), 94%NTSC wide-view panel akan membawa pengalaman gaming terasa lebih menyenangkan dan memberikan warna yang lebih tinggi, menghadirkan panggung warna output gambar yang lebih halus. Selain itu, lebar-view karakteristik panel ini juga memungkinkan pandangan yang jelas bahkan dari sisi kiri dan kanan dari sudut pandang.

MSI GL62M 7RD ini bisa memperluas pengalaman gaming yang lebih ekstrim, karena ia memiliki dukungan MSI innovative Matrix Display hingga 2 layar eksternal secara simultan melalui port HDMI 1x * dan 1x Mini DisplayPort 1.2.

MSI GL62M 7RD juga memiliki keyboard Steel Series, dimana setiap detail hardware keyboard ini dihitung dan didesain khusus layaknya untuk kebutuhan gamer profesional. Keyboard ini lebih baik dalam hal responsif dan taktil umpan balik, zona WASD yang optimal dan dukungan input untuk multi-kunci untuk gamer agar bisa mendapatkan perintah penuh atas misi game.

Prosesor

Intel Core i7-7700HQ yang dimiliki oleh MSI GL62M 7RD merupakan prosesor quad-core yang cepat untuk notebook berbasis pada arsitektur Kaby Lake H (generasi Core ke-7). Prosesor ini adalah penerus Core i7-6700HQ dari generasi Skylake dan diproduksi dalam peningkatan 14 nm + proses, sehingga ia memiliki clock 200 MHz lebih tinggi pada TDP yang sama. Arsitektur tidak berubah, hanya mesin video yang mendapat update.

Sumber Referensi : https://www.cpubenchmark.net

Intel Core i7-7700HQ memiliki grafis terintegrasi yang disebut Intel HD Graphics 630, tetapi arsitektur tidak berbeda dari GPU 530 dari generasi Skylake, hanya memiliki clock sedikit lebih tinggi. Dan berkat clock speed 200 MHz lebih tinggi (5,5-7,6% tergantung pada Boost), kinerja CPU 7700HQ ini meningkat dan kira-kira setara dengan Core i7-6970HQ (2,8-3,7 GHz tetapi dengan 128 MB eDRAM).

Grafis

Nvidia GTX 1050 merupakan GPU utama dari MSI GL62M 7RD yang berdasarkan arsitektur Pascal dan diumumkan pada bulan Januari 2017. Model untuk laptop berbeda dengan desktop yang lebih cepat.

Untuk versi notebook berbeda sedikit dalam hal clock speed, namun dilengkapi dengan 640 unit shader, seperti model desktop. Selain itu,  Nvidia GTX 1050 memiliki 2 GB GDDR5-VRAM yang terpasang melalui 128-bit interface dan data rate 7 Gbps memori (112 GB / s).

Chip GP107 ini diproduksi dalam proses FinFET 14 nm pada Samsung dan menawarkan sejumlah fitur baru, termasuk dukungan untuk DisplayPort 1.4 (ready), HDMI 2.0b, HDR, Simultaneous Multi-Proyeksi (SMP) serta mampu meningkatkan H.265 video de- dan encoding (PlayReady 3.0).

Fitur MSI GL62M 7RD Lainnya

Cooler Boost 4

pendinginan adalah tugas rumit untuk bisa diatasi, namun MSI secara eksklusif memiliki teknologi Cooler Boost 4 yang menciptakan modul termal ganda internal dengan mengalokasikan pipa panas khusus untuk GPU dan CPU. Hanya dengan satu klik pada tombol fan, total pipa 6 panas dan kipas ganda akan secara aktif dan efektif mendorong panas keluar dari sistem, membuat pendingin yang sempurna untuk gaming laptop.

Usb Type-C Interface

Modus transfer SuperSpeed ini mampu mendukung transfer data hingga 5Gbps, sekitar 10x lebih cepat dari USB 2.0 standar. USB Type-C port lebih kecil dari Tipe A yang lama dan desain reversibel membuat lebih mudah daripada USB3.0.

Nahimic Audio Enhancer

software audio Nahimic menawarkan definisi tinggi teknologi suara yang meningkatkan audio dan suara kinerja komputer game Anda. Nikmati mendalam maya 7.1 suara lebih dari peralatan stereo standar Anda!

Audio Boost

MSI Audio Boost mampu meningkatkan detail output suara dan panggung suara sebesar 30% lebih. Ini karena hadirnya Jack emas Flash audio yang menyediakan transmisi suara yang lebih stabil (dikurangi obstruksi).

Game Benchmark :

Sumber referensi : http://www.notebookcheck.net

 

Kemampuan

Kinerja GeForce GTX 1050 dapat cukup bervariasi tergantung pada kinerja pendinginan laptop. Ia bisa sama cepat dengan model desktop di bawah kondisi ideal, tetapi model notebook biasanya sedikit lebih lambat. GeForce GTX 960m mampu dilewati sekitar 30%, sehingga GTX 1050 sebanding dengan GTX 965M pada umumnya. Oleh karena itu anda bisa memainkan Game dari 2016 dalam pengaturan medium hingga High pada resolusi Full HD.




Comments
Loading...

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat