Tutorial : Membangun PC untuk Mining Bitcoin Bagi Pemula

Bagian I : Spesifikasi Minimum Hardware

Jika anda ingin atau akan membangun komputer untuk mining Bitcoin, anda bisa melihat artikel ini sebagai bahan pertimbangan atau referensi. Komputer yang dikhususkan untuk mining  datang dalam segala bentuk dan ukuran. Dan kita akan fokus pada tutorial membangun rig yang sangat mendasar. Panduan ini dimaksudkan bagi anda yang ingin memulai dan membantu dalam membangun rig pertama Anda.

Setelah Anda tahu bagaimana untuk membangunnya, anda dapat tumbuh melalui super komputer sebesar yang anda inginkan. Kami akan menunjukkan kepada anda bagaimana membangun rig pertama di bawah 15 jutaan. Jika Anda tidak ingin menginvestasikan uang dalam perangkat keras dan hanya ingin menggunakan komputer anda saat ini untuk memulai penambangan, Anda dapat langsung beralih ke Part 2: Persyaratan Software.

Hal pertama yang perlu dan harus anda ketahui tentang mining adalah bahwa saat ini, daya pertambangan diproses menggunakan kartu grafis anda (GPU). Karena, hari-hari melakukan proses mining dengan CPU sudah lama berlalu. Karena, GPU menawarkan cara yang lebih cepat untuk memecahkan algoritma yang diperlukan untuk menghasilkan uang anda. GPU ini harus menjadi fokus utama anda saat merancang rig yang akan anda bangun.

Apa saja sih pilihan hardware yang ideal untuk mining Bitcoin?

Sebelum anda melakukan langkah yang jauh lebih extrem, ada beberapa hal yang perlu anda ketahui dalam merakit. merancang, dan membangun sebuah rig yang ideal untuk proses “menambang”. Dan tentu saja, hal tersebut juga berlaku pada mereka yang memiliki anggaran yang cukup ketat (karena dulu saya juga begitu :D). Umumnya, hanya ada 3 hal yang perlu anda lihat ketika membangun sebuah rig untuk mining Bitcoin, yakni:

  • Kartu grafis: ini adalah sumber terbesar darimana bitcoin bisa didapat dalam rig anda dan ini yang sebenarnya yang akan menghasilkan uang. Jadi, jangan murah untuk hal ini
  • Power Supply: Anda akan membutuhkan daya yang memadai untuk menjalankan rig Anda. Jika Anda akan mendapatkan 2 atau lebih untuk kartu grafis, jangan pernah membeli PSU di bawah 700W. Kami bahkan merekomendasikan PSU 1000W + jika anda mampu untuk membelinya.




  • Motherboard: Satu-satunya hal yang perlu anda cari di sini adalah jumlah slot PCI-E (atau tempat untuk kartu video Anda). Cobalah untuk menemukan satu dengan minimal 3 slot sehingga anda dapat memperluas kartu grafis terbaik ketika diperlukan

Sisa hardware lainnya sebenarnya tidak terlalu penting, yakni :

  • CPU : hampir tidak berguna, anda hanya perlu untuk menjalankan OS.
  • RAM : melakukan proses mining tidak menggunakan RAM yang intensif, sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang hal itu.
  • Hard drive, sekali lagi, anda hanya perlu untuk menjalankan Sistem Operasi.
  • Casing komputer, kurang lebih baik. Semakin sedikit keterbatasan antara komponen anda, akan lebih banyak udara mengalir melalui dan membantu dalam pendinginan. Bahkan, sebagian besar rig untuk mining dibangun dengan tidak memiliki casing.

Di bawah ini adalah komponen kami sarankan untuk rig dasar. Jadi, jangan ragu untuk menukar bagian yang memiliki kinerja lebih baik jika Anda inginkan. Ini hanya garis dasar anggaran rig generik. Rig ini akan membuat anda di mana saja antara 1000-1200 kh / s ketika menambang koin scrypt dan 950-1150 MH / s ketika pertambangan SHA-256 koin. Setelah Anda selesai, rig akan terlihat seperti ini:

Spesifikasi Rig :

 KomponenHarga 
ProsesorAMD AM4 BRISTOL 7th Gen A6 9500 APURP 699.000Beli
MotherboardASRock Fatal1ty AB350 Gaming K4RP 1.699.000Beli
Kartu GrafisDigital Alliance GTX 1060 Dual 6GB GDDR5RP 5.999.000Beli
RAMGSkill DDR4 4GB PC19200 2400MhzRP 740.000Beli
Hard DriveSANDISK SSD 120GBRP 789.000Beli
PSUFSP HYDRO MX 650W 80Plus Full ModularRP 1.227.000Beli
CasingDigital alliance TalitakumRP 421.000Beli

Perlu diingat bahwa pilihan spesifikasi diatas hanya sebagai bentuk pilihan rig terbaru, khususnya bagi mereka yang benar-benar  tidak memiliki hardware sebelumnya. Anda tidak harus membeli semuanya, apalagi jika anda ingin memaksimalkan hardware yang ada dan ingin membangun berdasarkan anggaran yang benar-benar ketat. Namun, pilihan hardware yang wajib anda miliki adalah kartu grafis yang benar-benar handal untuk proses mining. Entah anda menggunakan hardware lama atau yang terbaru, kartu grafis merupakan pilihan utama yang perlu dipertimbangkan. 

Harga sewaktu-waktu bisa berubah. Nah, jika anda membutuhkan Wallet yang terpercaya, kami merekomendasikan bitcoin.co.id . Anda bisa mendaftarnya disini.  Follow dan Like media sosial kami sebagai bentuk dukungan anda dan menjadikan kami jauh lebih baik dari sebelumnya.

Bagian II : Persyaratan Software

Baca juga :

Loading…

Comments
Loading...