Tutorial : Langkah Awal Untuk Memulai Mining Bitcoin Part 2

Bagian 2: Persyaratan Perangkat Lunak (Software)

Setelah anda sudah memiliki komputer dengan spesifikasi minimum untuk memulai mining coin, sekarang yang anda butuhkan adalah mendapatkan semua perangkat lunak untuk memulai. Panduan ini akan menganggap Anda sedang menggunakan sistem operasi Windows. Jika Anda menggunakan Linux atau Mac, langkah-langkah untuk memulai pada dasarnya sama. Namun, untuk mendapatkan rincian lebih lanjut tentang cara untuk menyelesaikan setiap langkah, ada banyak panduan yang tersedia secara online dengan pencarian web sederhana.


Baca juga : Bagian I : Spesifikasi Minimum Hardware


Sebelum memulai, ada 4 hal dasar yang perlu perhatikan dan lakukan, diantaranya :

  • Perangkat lunak dan driver untuk kartu video yang memiliki update terbaru
  • Perangkat lunak untuk memulai aktifitas mining (software mining)
  • Dompet Coin / wallet(Hanya diperlukan jika Anda seorang pemain solo untuk menambang)
  • Koneksi internet

Sistem operasi yang telah terupdate

Pastikan Anda memperbarui sistem operasi dari semua update terbaru. Mengapa hal tersebut begitu penting? Karena ini akan memastikan untuk meminimalkan risiko dari setiap pelanggaran keamanan.

Software Kartu Grafis & Driver

Kartu grafis merupakan bagian yang paling penting untuk mendapatkan rig pertambangan. Maka, anda harus selalu siap untuk memperbarui dan download software terbaru untuk kartu grafis anda baik itu jika anda memakai kartu grafis AMD maupun Nvidia.

Software Mining

Sama seperti Crypto Wallet alias dompet, ada beberapa opsi perangkat lunak pertambangan yang bisa direkomendasikan. Setelah bereksperimen dengan beberapa software, pada dasarnya Claymore Dual Miner bisa menjadi rekomendasi utama. Ada beberapa alasan mengapa ini sangat direkomendasikan, diantaranya :

  • Pertama, Claymore memiliki ukuran file cukup kecil, cepat dipasang, memuat file DAG ke RAM daripada disk, dan sangat dioptimalkan sehingga anda mungkin akan melihat hash yang lebih tinggi pada GPU anda daripada yang biasa anda lihat pada penambang lainnya.
  • Kedua, software ini juga bekerja baik pada GPU AMD maupun dari Nvidia, dan dapat digunakan pada Windows. Kelemahannya adalah bahwa ia hanya menggunakan 1% siklus penambangan GPU anda untuk akunnya sendiri, sebagai alat pembayaran kepada pencipta Claymore. Namun mengingat anda akan melihat sekitar 5% hashrate yang lebih baik di Claymore, pembayarannya tampaknya cukup adil.

Untuk menginstalnya, pergilah ke halaman GitHub Claymore (v9.7 adalah rilis terbaru dari tulisan ini) dan download file tar.gz. Gunakan Archive Manager untuk membukanya dan ekstrak ke foldernya sendiri (saya membuat folder claymore di home directory).

Nah, itu dia.. anda tidak perlu menjalankan skrip instalasi apapun. Namun, ini perlu dijalankan dari command line, dan menggunakan beberapa parameter masukan. Jadi hal yang cerdas adalah membuat skrip shell yang menjalankan semuanya (mirip dengan file batch di Windows).

Dompet koin atau Wallet

Untuk menyimpan mata uang kripto, maka anda memerlukan dompet digital. Yang Anda butuhkan adalah string heksadesimal 40 karakter yang menangani akun Anda. Nah, jika anda membutuhkan Wallet yang terpercaya, kami merekomendasikan bitcoin.co.id . Anda bisa mendaftarnya disini

Kami sangat menyarankan agar anda tidak sendirian untuk menambang koin besar seperti Bitcoin atau litecoin. Karena, tingkat kesulitan mereka terlalu tinggi dan itu akan mengambil waktu yang sangat lama untuk benar-benar bisa menambang blok koin. Misalnya, saat kita membangun dengan rig di Bagian 1, ini akan memakan waktu sekitar 3 tahun untuk menambang blok Bitcoin. Bahkan dengan koin kecil, kami selalu menyarankan anda untuk bergabung dalam kolam pertambangan atau Pool Mining. Sebuah kolam pertambangan pada dasarnya adalah sebuah jaringan penambang untuk uang yang sama dan membelah keuntungan antara satu sama lain ketika mereka menemukan blok. Hal ini memastikan pembayaran lebih teratur dan memiliki penghasilan tetap.

 

Bagian 3: Konfigurasi

Baca juga :

Loading…

Comments