Tutorial : Langkah Awal Untuk Memulai Mining Bit Coin Part 2

Bagian 2: Persyaratan Perangkat Lunak (Software)




Setelah anda sudah memiliki komputer dengan spesifikasi minimum untuk memulai mining coin, sekarang yang anda butuhkan adalah mendapatkan semua perangkat lunak untuk memulai. Panduan ini akan menganggap Anda sedang menggunakan sistem operasi Windows. Jika Anda menggunakan Linux atau Mac, langkah-langkah untuk memulai pada dasarnya sama. Namun, untuk mendapatkan rincian lebih lanjut tentang cara untuk menyelesaikan setiap langkah, ada banyak panduan yang tersedia secara online dengan pencarian web sederhana.


Baca juga : Bagian I : Spesifikasi Minimum Hardware


Sebelum memulai, ada 4 hal dasar yang perlu perhatikan dan lakukan, diantaranya :

  • Perangkat lunak dan driver untuk kartu video yang memiliki update terbaru
  • Perangkat lunak untuk memulai aktifitas mining (software mining)
  • Dompet Coin / wallet(Hanya diperlukan jika Anda seorang pemain solo untuk menambang)
  • Koneksi internet

Sistem operasi yang telah terupdate

Pastikan Anda memperbarui sistem operasi dari semua update terbaru. Mengapa hal tersebut begitu penting? Karena ini akan memastikan untuk meminimalkan risiko dari setiap pelanggaran keamanan.

Software Kartu Grafis & Driver

Kartu grafis merupakan bagian yang paling penting untuk mendapatkan rig pertambangan. Maka, anda harus selalu siap untuk memperbarui dan download software terbaru untuk kartu grafis anda baik itu jika anda memakai kartu grafis AMD maupun Nvidia.

Software Mining




Ada banyak aplikasi software mining yang berbeda di luar sana. Anda dapat memilih mana yang anda sukai. Namun, untuk tujuan panduan ini, banyak orang menggunakan CGMiner, karena mereka memiliki penambang paling lengkap dan menawarkan fleksibilitas. Dan mereka telah terdaftar sebagai penambang yang paling umum saat ini dan terkait dengan lokasi untuk men-download.

Dibawah ini adalah pilihan software untuk mining yang bisa direkomendasikan :

Jika anda memiliih CGMiner, proses instalasi CGMiner cukup sederhana. Anda hanya cukup mengekstrak file ke direktori yang anda pilih dan anda sudah selesai. Kami merekomendasikan direktori dengan cukup sederhana seperti C: \ Cgminer \

Dompet koin atau Wallet

Jika anda ingin sendirian untuk menambang/mining, maka anda perlu untuk mengunduh aplikasi dompet koin tertentu. Ini akan bertindak sebagai klien untuk aktifitas pertambangan lokal pada komputer dan memungkinkan anda untuk menambang itu.

Kami sangat menyarankan agar anda tidak sendirian untuk menambang koin besar seperti Bitcoin atau litecoin. Karena, tingkat kesulitan mereka terlalu tinggi dan itu akan mengambil waktu yang sangat lama untuk benar-benar bisa menambang blok koin. Misalnya, saat kita membangun dengan rig di Bagian 1, ini akan memakan waktu sekitar 3 tahun untuk menambang blok Bitcoin. Bahkan dengan koin kecil, kami selalu menyarankan anda untuk bergabung dalam kolam pertambangan. Sebuah kolam pertambangan pada dasarnya adalah sebuah jaringan penambang untuk uang yang sama dan membelah keuntungan antara satu sama lain ketika mereka menemukan blok. Hal ini memastikan pembayaran lebih teratur dan memiliki penghasilan tetap.

Bagian 3: Konfigurasi



Comments