Cara Mudah Untuk Merekam Game Pada PC Dengan Fitur Game Bar Dan Game DVR

Tahukah anda bahwa Windows 10  memiliki alat built-in untuk merekam video dari game PC. Jadi jika anda sedang mencari software, anda tidak perlu repot-repot mencari software lain ketika anda ingin meng-upload rekaman gameplay ke YouTube atau situs video-sharing lainnya, atau hanya menyimpan klip pada PC Anda sendiri dan berbagi dengan teman-teman Anda.





Anda dapat melakukan ini dengan “Game Bar” yang merupakan bagian dari fitur “ DVR Game” yang ditawarkan oleh aplikasi Xbox. Windows 10 juga mencakup cara pintas keyboard yang disesuaikan untuk merekam video dan menangkap screenshot. Nah, jika anda belum tahu cara untuk menggunakannya, berikut dibawah ini panduannya.

Yang pertama Bukalah Aplikasi Game Bar

Anda bisa membuka Game Bar saat bermain game, cara mudah adalah dengan menekan Windows Key + G. Ini akan muncul di atas permainan yang sedang anda mainkan. Jika Anda menekan Windows Key + G sedangkan Windows berpikir anda tidak bermain game, Windows akan menanyakan apakah Anda benar-benar ingin membuka bar permainan.

Anda mungkin perlu bermain game PC dalam mode windowed untuk melihat Game Bar, jadi coba atur permainan anda ke mode windowed jika Anda tidak melihatnya.

Game bar memiliki ikon sebagai cara cepat untuk membuka aplikasi Xbox, mengendalikan rekaman latar belakang, mengambil screenshot, merekam video gameplay, dan mengakses pengaturan.

Merekam Gameplay Video

Untuk merekam video, buka aplikasi Game Bar dengankombinasi  tombol Windows + G dan kemudian klik tombol merah. Sebuah timer akan muncul di sudut kanan atas jendela permainan saat merekam.

Untuk berhenti merekam jendela, munculkan Game Bar lagi dan klik tombol stop merah.

Anda juga dapat memulai dan menghentikan rekaman dengan tombol kombinasi Windows + Alt + R. Jika Anda ingin menyembunyikan atau menampilkan timer, tekan tombol Windows + Alt + T.




Cara mengambil Screenshot dalam Permainan

Anda bisa Gunakan Game Bar sebagai cara cepat mengambil screenshot dengan mengklik ikon screenshot di pusat bar permainan. Atau, tekan tombol Windows + Alt + Print Screen untuk mengambil screenshot dari permainan tersebut.

Cara Mencari Video Anda dan Screenshots

Windows menyimpan semua file video yang anda rekam dan screenshot biasanya di lokasi \ Captures folder. Video disimpan sebagai file .mp4 dan screenshot akan disimpan sebagai file .png, masing-masing ditandai dengan nama permainan mulai dari tanggal dan waktu Anda menangkap mereka.

Ada juga pilihan untuk memilih folder di mana Windows 10 akan menghemat klip permainan dan screenshot, juga anda bisa memilih pengaturan kualitas video dan resolusi yang berbeda. Secara default, audio disimpan ketika Anda merekam gameplay permainan, dan anda dapat memberitahu Game Bar untuk tidak merekam audio atau mengontrol tingkat kualitas audio dari sini.

Cara Gunakan Background Recording

Xbox One dan PlayStation 4 biasanya secara otomatis merekam gameplay anda di latar belakang, yang memungkinkan anda untuk langsung menyimpan klip gameplay.

Dan Game DVR pada Windows 10 dapat berfungsi sama. Untuk menggunakan fitur ini, Anda harus mengaktifkan pilihan ” Record in the background while I’m playing a game ” di bawah permainan DVR Settings pada aplikasi Xbox.

Kemudian aplikasi Xbox memberitahu Anda, ” this may affect game performance.” Sumber daya sistem akan terus digunakan untuk merekam saat bermain game dengan pengaturan diaktifkan, sehingga pilihan ini sebenarnya jika anda memiliki PC yang sangat kuat dengan sumber daya tambahan untuk cadangan.

Secara default, ia akan selalu merekam dan menyimpan 30 detik terakhir. Untuk menyimpan 30 detik terakhir, anda dapat membuka Game Bar dan klik ikon kedua dari kiri, atau tekan Windows + Alt + G. Ini adalah fitur ” Record that “, yang secara otomatis akan menyimpan rekaman bit terakhir dari gameplay.

Saat ini, fitur Game DVR sepertinya dirancang untuk menangkap video dan berbagi nanti. Tidak ada cara untuk hidup-stream gameplay untuk layanan seperti Twitch.tv, sehingga Anda masih perlu pihak ketiga untuk rekaman game live-streaming.



Comments