floppy Disk Ternyata Masih Digunakan Untuk Mengendalikan Senjata Nuklir

Apakah Anda masih ingat floppy disk? Tahukah kapan terakhir kali Anda menggunakannya? Sementara hari ini sudah banyak orang yang menggunakan media penyimpanan modern sebagai alat untuk menyimpan data yang lebih fleksibel dan lebih besar di paket perangkat lunak modern seperti Microsoft Office suite, sehingga habitat floppy disk ternyata hampir musnah di dunia ini.




Mengingat bahwa floppy disk yang khas menawarkan sebuah media penyimpanan sebesar 1.44MB yang merupakan ruang yang sangat kecil, bahkan tidak cukup untuk rumah bagi lagu pop tiga menit dalam format MP3 , ia kini sudah ditinggalkan oleh sebagian besar atau mungkin dikatakan lebih dari 90% pengguna sudah tidak memakai media ini.

Sementara rata-rata pengguna mungkin tidak memiliki alasan apapun untuk menggunakan floppy disk, ada orang-orang di luar sana yang tidak bisa puas dengan sesuatu yang lain. Mereka membutuhkan disk ini, dimana sebagian besar produsen telah berhenti memproduksi. Floppy disk mungkin tampak seperti sesuatu yang tersisa di tahun 1990-an, namun sebaliknya ternyata ia masih merupakan sebuah produk yang masih hidup dan baik-baik saja di abad ke-21.

floppy disk Ternyata Masih Digunakan Oleh Angkatan Udara Amerika

Dua Tahun lalu, siaran dari sebuah media di Amerika, 60 Minutes mengejutkan banyak pemirsa dengan penemuan bahwa floppy disk ternyata masih menjadi metode yang disukai sebagai removable storage untuk komputer dalam silo nuklir Angkatan Udara AS. Dan yang menjadi alasan utamanya ternyata bahwa keamanan teknologi yang ketinggalan zaman ini sulit untuk ditiru dengan bahan modern lainnya.




Seorang juru bicara wakil dari Angkatan Udara Amerika Serikat, ketika mengatakan kepada media, ia membenarkan bahwa floppy disk memang sudah dipakai sejak awal. Floppy disk dan teknologi terkait memang benar adanya dan karena ia mampu untuk diandalkan. Ia mengatakan “Seperti yang dapat anda bayangkan, kami ingin memastikan semuanya tetap maksimal dalam kehandalan dan kemanjuran ketika beroperasi seperti sistem senjata utama. Oleh karena itu, jika sistem tersebut sudah ‘tua’, tapi masih dapat diandalkan, kita cenderung untuk terus menggunakannya. “

Dan salah satu keuntungan terbesar dari menjaga sistem di tempat, di luar dekade sarana-pengujian yang telah banyak dialami, ada satu kenyataan bahwa ini jauh dari komputasi modern. Ketergantungan pada disket kuno berarti tidak ada kebutuhan untuk koneksi internet, dan mempersempit kemungkinan serangan cyber yang bisa mengakibatkan kesalahan fatal. “Mengintegrasikan teknologi baru membutuhkan pengadaan lengkap dan pengujian untuk memastikan kami mematuhi menuntut dan non-negotiable untuk standar Departemen Pertahanan ,”ungkapnya.

Sehingga, kata kunci di sini adalah kehandalan dan itu mungkin menjadi alasan floppy disk ternyata masih digunakan seperti dalam peralatan medis, ATM, dan hardware penerbangan. Selain itu juga, beberapa rumor bahwa ia masih juga digunakan untuk agen pemerintah seperti FBI,NSA dsb. Ujung tombak teknologi mungkin akan baik-baik saja bagi smartphone Anda atau konsol video game. Tapi ketika datang ke misi-critical hardware yang benar-benar untuk mengendalikan bencana nuklir potensial, “sesuatu yang telah dicoba dan benar” akan membawa lebih manfaat daripada “baru dan lebih baik.”



Comments