Cara Memperbaiki Dead Pixel Atau Stuck Pixel Pada Monitor Atau Layar Ponsel

Jika anda memiliki masalah pada layar monitor atau layar ponsel berupa titik warna yang tidak pernah berubah seperti titik warna hitam atau merah, anda pasti akan merasa pusing mengingat bahwa masalah tersebut bisa sangat menjengkelkan dan bisa terjadi pada setiap orang.

Jika anda memiliki masalah pada layar berupa titik selain hitam biasanya hal tersebut disebut dengan masalah Stuck Pixel yang kemungkinan bisa diatasi cukup mudah. Namun jika anda memiliki masalah pada layar berupa titik hitam, ini yang disebut Dead Pixel, yang biasanya cara mengatasinya lebih sulit atau kadang memang tidak bisa diperbaiki.




Tapi jangan khawatir, disini kita akan mencoba untuk memperbaiki masalah tersebut dengan beberapa solusi. Sebuah Stuck Pixel adalah satu warna baik itu berupa warna merah, hijau, atau biru yang terjebak sepanjang waktu. Sementara sebuah pixel mati adalah warna hitam.

Cara Memperbaiki Stuck Pixel

Ada beberapa cara yang diakui bisa menjadi solusi yang tepat untuk memperbaiki Stuck Pixel. (dan jangan memukul monitor komputer anda :D). Metode ini akan bekerja tergantung pada apa sebenarnya yang salah dengan pixel dari layar, sehingga tidak ada jaminan pasti. Dua cara dibawah ini anda bisa coba untuk bisa memperbaiki masalah Stuck Pixel :

  • Cara pertama adalah menunggu. Beberapa piksel yang terjebak biasanya akan mereset dirinya sendiri setelah periode waktu tertentu, ini dapat mengambil dalam hitungan jam, hari, minggu, atau bahkan bertahun-tahun. Tapi anda pasti tidak ingin menunggu, solusi yang selalu efektif adalah mereset monitor anda ke tampilan awal, dan ini dilakukan pada setiap monitor. Biasanya setiap monitor memiliki menu reset pada tombol monitor itu sendiri.
  • Cara kedua yakni anda bisa menggunakan perangkat lunak. Ada program perangkat lunak yang cepat untuk memperbaiki masalah ini. Anda bisa mencoba UndeadPixel (UDPixel) yang mungkin sangat berguna untuk masalah ini, karena banyak orang yang telah melaporkan bahwa software ini bisa menjadi solusi untuk masalah Stuck Pixel.

Cara Memperbaiki Dead Pixel

Setelah Anda melihat Dead Pixel, meskipun banyak orang yang menasehati anda bahwa masalah tersebut tidak mungkin untuk diperbaiki, namun tidak ada salahnya anda mencoba beberapa metode pemecahan masalah dibawah ini untuk melihat apakah monitor atau layar ponsel anda  dapat kembali ke bentuk semula tanpa menggunakan layanan mahal dan alternatif di luar.

Metode 1 : Memperbaiki Dead Pixel dengan menggunakan PixelHealer (Windows)

PixelHealer merupakan perangkat lunak dari Aurelitec yang dirancang untuk memperbaiki masalah pixel, dan anda bisa mengunduh software ini secara gratis untuk Windows.

  • Ketika Anda telah mengunduh dan menjalankan program PixelHealer, ia akan membuat jendela warna miniatur dengan perintah untuk “Start Flashing.”
  • Anda bisa membuat semacam gambar kotak untuk menandai daerah Dead Pixel pada monitor dengan jendela, dan anda bisa mulai menggunakan perintah “Start Flashing
  • Jendela akan mulai berkedip dalam beberapa warna yang sangat cepat. Biarkan ia bekerja selama setengah jam atau lebih, dan kemudian anda bisa memeriksa pixel pada monitor lagi.

Coba ini beberapa kali untuk melihat apakah ia bekerja. Ini adalah metode yang umum ketika mencoba untuk menyadarkan pixel, dan itu benar-benar sebuah kata yang sangat tepat, karena tidak seperti defibrilasi. Anda pada dasarnya mencoba untuk membuat shock pixel agar hidup kembali, menjadi respon yang tepat yang akan memilikinya untuk bisa bertindak sebagaimana mestinya.

Metode 2: Memperbaiki Dead Pixel dengan menggunakan JScreenFix (Bisa digunakan langsung dari Web, Ios, Android)

JScreenFix adalah aplikasi web yang sangat mirip dengan PixelHealer, hanya saja anda tidak perlu untuk mengunduh file apa pun untuk menggunakannya. Dan ini membuatnya cocok untuk berbagai macam platform, dan itu terutama solusi terbaik untuk perangkat iOS dan Mac pada saat ini.

Dalam prakteknya, langkah-langkah untuk memperbaiki Dead Pixel pada dasarnya sama dengan PixelHealer dan anda bisa menjalankan aplikasi ini selama setengah jam atau lebih. Perlu diingat bahwa metode ini menggunakan kedua HTLM5 dan JavaScript, dan dapat bekerja dengan LCD atau layar OLED .

JScreenFix memiliki tingkat keberhasilan yang lebih besar dari 60 persen ketika datang untuk memulihkan Stuck piksel , yang terdengar seperti peluang yang baik ketika alternatif adalah membayar untuk tampilan baru.

Metode 3 : Memperbaiki Dead Pixel dengan metode tekanan

Menerapkan tekanan ke layar Anda mungkin tampak sedikit kasar dan banyak orang mengatakan bahwa hal tersebut sia-sia. Tetapi metode ini juga telah dikenal untuk melakukan trik dalam memperbaiki pixel mati atau terjebak. Namun, metode ini cukup berisiko yang mungkin memajukan masalah dan menciptakan piksel yang lebih mati. Tapi jangan khawatir, anda hanya harus cermat dalam menjalankan metode ini, namun ketika anda ragu, lebih baik jangan melakukan metode hemat ini.

Caranya :

  • Cari pixel yang tampak ada titik hitam di layar.
  • Pilih obyek – tidak ada satu objek khusus yang diperlukan untuk metode tekanan ini.
  • Sediakan benda tumpul, dengan memiliki ujung yang sempit seperti ujung penghapus pensil, atau stylus PDA. Karena anda ingin memberikan tekanan pada area yang terbatas.
  • Bungkus alat untuk menekan untuk perlindungan lebih lanjut, seperti membungkusnya dari kain bahas yang kecil.
  • Hindari dari sesuatu yang berpotensi merusak atau menggores layar Anda.
  • Matikan layar sebelum melanjutkan.
  • Terapkan tekanan dengan lembut pada daerah yang bermasalah selama 5 sampai 10 detik dengan menggunakan alat tadi yang telah dibungkus.
  • Lakukan beberapa kali, di mana pixel mati atau terjebak berada. Tujuannya di sini adalah untuk mengatur pixel di substrat panel kembali ke keselarasan. Untuk alasan ini, mungkin lebih efektif dengan Stuck piksel daripada pixel mati.




Comments