AMD Zen SR7 Setara Dengan Core i7-5960X Dan Harga Lebih Murah

Prosesor AMD terbaru yang akan hadir tahun depan akan memiliki banyak kejutan bagi semua kalangan. Salah satu berita terhangat mengenai rumor dan kebocoran segar yang dikutip dari situs WCCFTech, salah satu prosesor unggulan terbaru dari AMD Zen mendatang, yakni  Zen SR7 dengan 8  inti CPU diduga akan dijual seharga $ 499 atau sekitar 6..5 juta dan kemampuannya mengungguli prosesor i7 5960X yang sampai saat ini, harga prosesor tersebut masih melambung tinggi.

Sampel revisi Zen terbaru AMD telah memperlihatkan bagaiman prosesor tersebut memiliki clock dasar 3.2Ghz dan frekuensi 3.5GHz turbo. Sebuah peningkatan yang cukup atas revisi sebelumnya yang berlari pada jam 2.8GHz & 3.2Ghz turbo yang lebih sederhana. Sampel rekayasa terbaru dari chip Zen ini berpotensi mengubah pandangan yang telah bermunculan di alam liar




AMD Zen SR7 dengan 8-core akan memiliki kinerja yang lebih baik daripada Intel Core  i7-5960X, chip Haswell-E dengan delapan core, clock 3GHz untuk 3.5GHz, 16 benang, dan 20MB cache. Dan sampai sekarang, prosesor i7-5960X memiliki harga $ 1.000 dengan kemampuan yang masih layak untuk dijual. Ia akan bersaing dengan prosesor AMD Summit Ridge dengan memiliki setengah biaya dari core i7-5960X.

Chip terbaru dari AMD Zen ini merupakan yang tertinggi dari bagian Zen yang bisa dilihat sampai saat ini dan mereka yang bertanggung jawab untuk mendorong kinerja SR7 diatas Core i7-5960X. Ini merupakan salah satu dari empat bagian Zen yang bocor ke media, dimana mereka akan diluncurkan dengan lebih dari tiga tingkatan kinerja daripada Summit Ridge, mereka akan menjadi bagian dari Prosesor AMD dengan tingkatan prosesor untuk

  • High-end Prosesor : SR7
  • Mid-range Prosesor : SR5,
  • Dan entry-level : SR3.

Berikut dibawah ini adalah lineup yang lebih lengkap untuk kehadiran prosesor AMD yang akan datang:

SpesifikasiSR7SR7SR5SR3
MicroarchitectureZenZenZenZen
L2 Cache4MB4MB3MB2MB
L3 Cache16MB16MB12MB8MB
Threads1616128
TDP95W95W65W65W
Core Clock3.23.0~~
Turbo Clock3.53.2~~
Cores8864
Kisaran Harga($)499349249149

*Sumber Referensi : http://wccftech.com/

Perlu diingat bahwa informasi ini tidak secara resmi diumumkan dari pihak AMD. Namun, dengan kehadiran dari prosesor AMD terbaru ini, mereka dapat memukul pada poin harga di atas Intel sambil menawarkan jenis kinerja yang lebih yang bisa diantisipasi dari Zen, ada kemungkinan ZEN akan menawarkan pertandingan yang sengit dengan Intel walaupun hal tersebut belum pasti mengingat Intel juga memiliki prosesor terbaru dari keluarga Kaby Lake.

Sudah lama sejak AMD telah benar-benar bersaing dengan Intel di pasar CPU high-end, namun mereka belum bisa menguasai pasar High End Prosesor karena masih kalah dengan kinerja High End Prosesor dari Intel. Kami juga masih menunggu perhatian dari bagian SR7 lainnya dimana mereka bisa berakhir menjadi bagian Zen yang menarik perhatian, terutama jika memiliki kemampuan untuk overclocking cerdas seperti yang dirumorkan sebelumnya.



Comments