Apa Itu Safe Mode ? Dan Bagaimana Penjelasan Jenis Safe Mode Itu?

Pernahkah anda bertanya apa yang dimaksud dari Safe Mode di Windows dan bagaimana istilah dari apa jenis Safe Mode itu ? seperti Safe Mode, Safe Mode With Network & Safe Mode With Command Prompt ?.

Sebagian besar pengguna Windows mungkin sangat akrab dengan Safe Mode, seperti yang sering diperlukan ketika anda perlu untuk mendiagnosa atau memecahkan masalah yang ada pada Windows.




Kita telah melihat bagaimana untuk memulai Windows 10 dalam Mode Aman dan bagaimana langsung me-reboot Windows dalam Safe Mode. Sekarang mari kita lihat apa artinya Safe Mode dan jenis Safe Mode dimana Windows OS menawarkan.

Microsoft Windows, OS X, Android dan Linux distribusi seperti Ubuntu dan Linux Mint adalah contoh dari sistem operasi kontemporer yang menerapkan safe mode (disebut “Safe Boot” di OS X); serta perangkat elektronik yang kompleks lainnya.

Sebuah sistem operasi dalam Safe Mode Atau mode aman akan mengurangi fungsi, juga mengisolasi masalah sehingga lebih mudah untuk menemukan solusi jika anda memiliki masalah pada Windows.

Mengapa begitu, karena dalam Safe Mode, banyak komponen non-core dinonaktifkan. Ini termasuk suara. Namun, ada cara untuk mengaktifkan suara di safemode pada Windows. Ini berarti bahwa, misalnya, pengguna tunanetra atau buta dapat menggunakan perangkat lunak dan pembaca layar untuk menavigasi Windows. Hal ini dilakukan dengan menambahkan kunci dalam Windows Registry [1] Atau file REG yang dapat didownload dan ditambahkan ke registri dengan mengklik kanan dan klik merge.

Boot ke safe mode biasanya jika anda memiliki masalah, seperti file yang korup atau instalasi perangkat lunak yang memiliki konfigurasi buruk yang mencegah sistem operasi untuk berhasil boot ke mode operasi normal.

Meskipun bervariasi oleh sistem operasi, modus beban Safe Mode biasanya aman dimana beberapa modul executable mungkin dan biasanya menonaktifkan perangkat, kecuali untuk minimum yang diperlukan untuk menampilkan informasi dan menerima masukan. Safe mode juga dapat mengambil bentuk sistem operasi “miniatur” paralel yang tidak memiliki informasi konfigurasi bersama dengan sistem operasi normal.

Sebagai contoh, pada Microsoft Windows, pengguna dapat memilih untuk boot ke Recovery Console, modus pemecahan masalah berbasis teks kecil disimpan terpisah dari sistem operasi utama (dan juga dapat diakses oleh boot CD instalasi), atau berbagai Pilihan ” safe mode “yang menjalankan OS disfungsional, tetapi dengan fitur seperti driver video, audio dan jaringan yang dinonaktifkan.

Safe mode biasanya menyediakan akses ke program utilitas dan diagnostik sehingga pengguna dapat memecahkan dari apa yang mencegah sistem untuk beroperasi daripada bekerja normal. Safe mode ini dimaksudkan untuk pemeliharaan, tidak untuk fungsi, dan menyediakan akses minimal untuk fitur.

Safe Mode di Windows 10

Ketika Anda memulai Windows pada Safe Mode, sistem operasi hanya akan memiliki beban set yang minimal untuk Drivers, file, dan aplikasi yang diperlukan untuk memuat. Ada tiga jenis Safe Mode:

f8_safemode

  • Safe Mode
  • Safe Mode With Network
  • Safe Mode With Command Prompt

Mari kita lihat tiga ini di detail.

Safe Mode

Bila Anda boot di Safe Mode – konfigurasi yang sangat dasar dimuat. Anda boot ke desktop dengan layar belakang hitam, dan anda mungkin menemukan bahwa font dan ikon terlihat besar dan tidak tajam.

Hal ini karena hanya driver dasar yang hanya dimuat. Anda akan memiliki akses ke Start Menu, serta Mouse dan Keyboard, dan Anda juga akan dapat mengakses file Anda. Anda juga akan melihat Safe Mode tertulis di keempat sudut dan nomor versi Windows di bagian tengah atas. Jika Anda ingin menggunakan System Restore atau menjalankan scan antivirus Anda untuk menghapus malware, yang sering terjadi pada sebagian besar pengguna rumah, ini adalah modus terbaik untuk boot.

 Terlepas dari fungsi ini Anda juga mendapatkan akses ke lain built-in tools Windows, seperti Command Prompt, PowerShell, Manager Computer, Device Manager, Event Log Viewer, dll

Safe Mode With Network

Bila Anda boot dalam Safe Mode dengan Jaringan, Anda akan dibawa ke desktop. Satu set ekstra driver – dan mereka adalah driver jaringan yang bisa dimuat. Hal ini memungkinkan Anda untuk menghubungkan komputer ke jaringan atau Internet. Hanya saja, sangat disarankan bagi anda untuk tidak surfing web pada Safe Mode, karena sistem Anda dalam keadaan rentan dan tidak terlindungi.

Safe Mode With Command Prompt

Bila Anda boot ke Safe Mode dengan Command Prompt, Anda tidak boot dalam Windows GUI. Anda langsung diberikan akses ke jendela Command Prompt yang terbuka. Karena Anda tidak mendapatkan akses ke desktop dan start menu, biasanya hanya seseorang yang ahli saja yang perlu melakukan beberapa perintah CMD untuk digunakan dalam pemecahan masalah lanjut dalam mode ini.



Comments