Cara Mudah Untuk Memperbaiki Masalah Laptop Yang Lambat

Jika anda memiliki masalah pada kinerja laptop yang lambat, segala jenis pekerjaan anda mungkin akan terhambat. Apalagi jika anda sangat membutuhkan laptop tersebut untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan, dan anda menjadi frutasi karena masalah ini. Tetapi jangan khawatir,karena kami hadir disini untuk anda untuk memberikan solusi dalam masalah tersebut.

Seiring berjalannya waktu, laptop anda tampak mulai menumpuk lebih banyak file dan program sebagai akibat dari penggunaan biasa. Dan pada akhirnya, semua ini dapat memperlambat waktu respon laptop, yang membuat proses harian memakan waktu lebih lama untuk mengeksekusi dan menurunkan produktivitas kinerja dari laptop anda.

Sebenarnya, anda dapat memperbaiki kinerja laptop yang lambat dengan melakukan perawatan normal pada mesin, seperti membebaskan ruang hard drive dan menjalankan Windows hard drive utilitas. Anda juga dapat mencegah program yang tidak dibutuhkan dari peluncuran ketika laptop anda mulai bekerja dan menambahkan lebih banyak memori RAM untuk meningkatkan kinerja.




Berikut dibawah ini adalah solusi untuk memperbaiki kinerja pada laptop anda :

Update Program Anti Virus Dan Spyware

Pertama Update dan jalankan scanner anti virus dan  junkware pada laptop anda untuk menghapus virus dan spyware. Malware dapat menggunakan sumber daya laptop CPU sehingga memperlambat kinerja laptop Anda.

Disabled Program Yang Tidak Perlu Pada Saat Windows Bekerja

Banyak orang yang tidak mengetahui bahwa pada saat Windows mulai bekerja, banyak program yang mulai berjalan dilatar belakang. Akibatnya, program-program ini menjadi beban ketika laptop anda bekerja, sehingga laptop berjalan dengan sangat lambat, karena program tersebut memakan sumber Daya CPU dan memori.

Untuk mengatasi dan menonaktifkan program start up tersebut, caranya :

  • Klik tombol Start, ketik “msconfig” dan tekan “Enter” untuk meluncurkan layar System Configuration atau anda bisa memakai tombol shortcut pada keyboard dengan menekan tombol Win+R secara bersamaan, kemudian ketik “msconfig” dan tekan enter.

msconfig-win7

  • Arahkan ke menu tab “Start Up” dan hapus tanda cek di kotak di samping pada setiap item atau progam yang tidak perlu berjalan pada laptop Anda.
  • Selain itu, anda juga bisa menonaktifkan beberapa service program yang tidak perlu selain dari Service dari Microsoft. Caranya, pergi ke Tab atau menu Service, centang tanda list “Hide All Microsoft Service” agar anda tidak menonaktifkan program service pada Windows, kemudian nonaktifkan service program yang anda rasa tidak perlu.
  • Klik tombol “Apply” dan “OK”
  • Kemudian reboot laptop anda, sehingga hanya program-program yang dipilih akan start up, dan membebaskan sumber daya pada mesin Anda.

Menonaktifkan atau Meng-uninstall Program Yang Tidak Terpakai

Kadangkala anda pernah menginstal program yang sebenarnya jarang anda pakai. Kemudian program tersebut juga berjalan dilatar belakang sehingga membebani laptop anda dan mengurangi kinerjanya. Cara yang efektif adalah meng-uninstall program-program yang tidak perlu atau jarang dipakai.

win7-add-or-remove-programs

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Klik tombol Start, ketik “Add or Remove program” dan tekan “Enter” untuk memulai penghapusan program yang tidak perlu dilayar.
  • Klik program yang tidak dibutuhkan dan kemudian klik tombol “Uninstall” disebelah kiri atas untuk membebaskan ruang pada hard drive laptop Anda.

Anda juga bisa membersihkan ruang pada hardisk dengan memakai program utilitas bawaan Windows. Caranya :

windows-8-disk-cleanup

  • Klik tombol Start, ketik “disk cleanup” dan tekan “Enter” untuk meluncurkan utilitas Disk Cleanup.
  • Tempatkan tanda centang di kotak di samping item yang ingin Anda hapus, dan kemudian klik “OK” untuk membersihkan hard drive laptop Anda.

Selain itu, program utilitas Disk Defragment pada Windows juga akan mempercepat kinerja pada laptop anda, caranya :

  • Klik tombol Start, ketik “Disk Defragmenter” dan tekan “Enter” untuk memulai utilitas Defragmenter pada Windows.
  • Pilih hard disk laptop Anda dan klik “Defragment disk” untuk mengkonsolidasikan file, yang membantu mempercepat waktu respon hard drive.

Menambahkan RAM

Menambahkan lebih banyak memori RAM untuk laptop Anda  akan memberikan lebih banyak memori secara keseluruhan yang memungkinkan laptop anda bisa menjalankan beberapa program sekaligus dengan kecepatan yang lebih.



Comments