AMD Radeon RX 490 Akan Lebih Kuat Di Banding GTX 1080 Dan Titan X Pascal

AMD telah meluncurkan arsitektur GPU Vega yang akan memakai nama RX, dan Seri High End kartu grafis untuk RX 490 masih belum jelas mengenai kapan rilisnya. Tanggal rilis kartu grafis ini masih tidak yakin, itu tergantung pada jenis GPU apa yang akan digunakan pada RX 490. Apakah akan memakai arsitektur GCN baru atau saat GPU Polaris . Menurut kebocoran yang dikutip dari situs Videocardz, AMD RX 490 akan memiliki high-end graphics processing unit Vega 10 yaitu AMD (GPU).

Ketika saat ini Nvidia menguasai mahkota pada kelas High End Graphic Card dengan kartu grafis GTX 1080 dan 1070, juga Titan X pascal, ada kemungkinan bahwa kekuasaan tersebut akan jatuh pada AMD yang segera akan menghadirkan High End Kartu Grafis dengan akan munculnya RX 490.




Mengapa begitu? Karena AMD RX 490 akan memiliki generasi kedua bandwidth tinggi dari memori yang akan memiliki kapasitas penyimpanan RAM 8196 MB HBM2. Selain itu Kartu ini akan menampilkan clock dasar 1.200 MHz dan memory clock 350 MHz.

radeon-rx-490-spec
Sumber referensi :http://videocardz.com/

Perangkat RX 490 ini didukung oleh kekuatan pemrosesan lebih dari 1.5TFLOPs yang akan memiliki kemampuan untuk mempercepat hingga 60 frame per detik pada 1080p, 1440p ataupun 4K gaming.

Selain itu, jumlah ‘4’ mengacu pada generasi keempat GCN arsitektur. Hal ini tampaknya menunjukkan bahwa Radeon RX 480 mungkin masih berbasis Polaris setelah semua dan ‘9’ mengacu pada tingkat kesembilan game.

Kartu grafis ini berarti akan menargetkan bus memori lebih dari 256 bit yang difokuskan pada 4K game. Hal ini semakin ditunjukan bahwa RX 490 mendatang akan memberikan fitur lebih canggih untuk pengalaman gaming yang layak pada resolusi tertinggi mungkin.

Kartu terbaru dari AMD akan dijalankan pada TDP 150W dan chip Polaris 10 yang akan berjalan pada tingkat sendiri di 110W TDP. Jika semua spesifikasi ini akan terbukti benar, maka Radeon RX 490 akan lebih kuat daripada kedua GeForce GTX 1080 dan Titan X.

vega-10-amd-roadmap
Roadmap Kartu Grafis AMD ke depan

Untuk saat ini, tidak jelas tentang rencana AMD untuk Radeon RX 490, sehingga, gamer harus masih bersabar dan menunggu untuk kata resmi dari perusahaan tersebut. Sementara itu, situs Wccftech melaporkan bahwa AMD berencana untuk merilis revisi dari kartu grafis RX 400 awal tahun depan.

Jadi, ada beberapa yang masih tidak percaya bahwa “Radeon RX 490” akan memulai generasi pertama AMD Arsitektur Vega yang pergi ke pasar pada kuartal pertama 2017. Jadi mari kita lihat lebih dekat pada bukti mencolok yang harus menahan laju setiap spekulasi tentang arsitektur GPU sejati “Radeon RX 490”

Kebocoran sebelumnya bahwa rumor AMD RX 490 akan ambil bagian pada promosi yang perlu dibeli sebelum tahun berakhir untuk bisa lolos. Sebuah screenshot ditangkap menunjukkan bahwa “AMD Radeon 490” akan termasuk dalam daftar barang yang akan dibeli sebelum tahun berakhir untuk memenuhi syarat promosi .

Sejak itu, promosi tersebut telah diturunkan. Namun, ini sudah mulai spekulasi bahwa memang, AMD berencana untuk merilis “Radeon RX 490” sebelum tahun 2016 berakhir.

Selain dari hal tersebut tak ada bukti yang pasti mengenai “Radeon RX 490” memang kartu grafis Polaris. Bahkan, seperti apa yang dikatakan Khalid Moammer dari WCCFTech.com telah melaporkan cara sebelum Presentasi kepada Investor, AMD telah mengkonfirmasi kepada mereka bahwa “Radeon RX 480” adalah “konfigurasi yang paling kuat dari Polaris 10 GPU.”

Bagian penting lain dari bukti ini juga menunjukkan bahwa memang “Radeon RX 490” adalah bagian dari Vega adalah HBM2. Dalam laporan eksklusif terbaru dari VideoCardz.com, itu menegaskan bahwa Vega 10 akan datang dengan memori HBM2 yang dijadwalkan untuk rilis pada kuartal pertama 2017. Dan seperti apa yang dihadirkan mengenai banyak informasi yang bocor dan laporan eksklusif, “Radeon RX 490” akan memiliki memori HBM2. arsitektur Polaris yang ¬†mendukung memori GDDR5.



Comments