Harga Kartu Grafis Entry Level AMD Turun Sebagai Jawaban Untuk GTX 1050

Perang untuk kartu grafis entry level beberapa pekan kedepan akan semakin memanas. Pasalnya, NVIDIA hari ini akan mengungkap GeForce GTX 1050 dan 1050 Ti, sebagai garis entry level kartu grafis berbasis Pascal.

Dan mengingat harga yang telah ditetapkan sebelumnya, hal ini akan semakin mencemaskan posisi AMD yang secara tradisional dianggap sebagai pasar terbaik untuk sector tersebut. Walaupun begitu, Radeon RX 460 dan Radeon RX 470 yang memiliki VR Ready  sebenarnya memiliki keunggulan tersendiri dibanding produk terbaru Nvidia ini.

Untuk tetap menjaga taring, AMD akan melakukan yang terbaik untuk merusak pesta peluncuran Nvidia dengan mencukur nilai harga sekitar $ 10 atau 113 ribu hingga 200 ribuan untuk harga kartu grafis Radeon RX 460 dan 470 , yang keduanya sudah tersedia sekarang.




Dan mulai hari ini, harga baru yang disarankan dari Radeon RX 470 4GB adalah $ 170 atau sekitar Rp.2.2 jt lebih, lebih mahal $ 30 lebih mahal daripada GeForce GTX 1050 Ti. Sementara , Radeon RX 460 2GB akan dijual mulai dari $ 110 atau sekitar 1.4 juta, dan akan langsung berhadapan dengan harga dari GTX 1050. Menurut dari situs PCWorld, AMD berkilah bahwa harga baru dari kedua kartu tersebut seberhubungan dengan “program liburan baru,” meskipun AMD tidak mengatakan apa sebenarnya itu berarti.

Dan harga tersebut telah membuat pergeseran efek di tempat-tempat reseller online terkemuka seperti Newegg dan Amazon, meskipun sebagian besar banyak perubahan ada untuk Radeon RX 460 kartu. Berikut adalah beberapa harga yang baru yang telah berubah:

  • Gigabyte Radeon RX 460 Windforce OC 2GB: $ 110 di Amazon (Cek Harga)
  • XFX Radeon RX 460: $ 110 di Amazon (Cek Harga)
  • Powercolor Red Dragon Radeon RX 460: $ 110 pada Newegg ($ 95 setelah rebate)

Perlu untuk dicatat juga bahwa RX 470 telah pernah benar-benar telah tersedia di MSRP AMD, bukan mendarat di MSRP dari RX 480, sehingga penurunan harga ini bisa dipertanggungjawabkan oleh AMD untuk bisa “mengoreksi” harga.

Selain pemotongan harga, AMD mulai melakukan kampanye untuk meyakinkan gamer bahwa Radeon RX 460 dan 470 adalah pilihan yang lebih baik untuk gaming di 1080p daripada GeForce GTX 1050 dan 1050 Ti. Orang-orang di Techpowerup telah memposting beberapa slide menguraikan alasan mengapa.

Dan salah satu hal dari keunggulan AMD daripada arsitektur Pascal Nvidia terbaru untuk pasar Entry level ini adalah tidak mendukungnya teknologi komputasi asynchronous. Hal ini juga bisa menarik perhatian pada pilihan memori, yakni 4GB untuk Radeon RX 460, yang tidak tersedia pada GeForce GTX 1050, dan memori bus 256-bit pada Radeon RX 470, dua kali lipat bus 128-bit pada GeForce GTX 1050 Ti.

AMD mengumumkan dua grafis Juni lalu, pada puncak ketika dunia dibanjiri demam virtual reality pada PC, yang digembar-gemborkan oleh kedatangan HTC Vive dan Oculus Rift headset. Dan kartu grafis Radeon 460 dan 470 memang terbukti bahwa kartu video selain ramah untuk dompet anda, juga memiliki otot yang cukup untuk mendukung pengalaman VR.

Hal ini adalah bagian dari AMD yang kemungkinan besar akan memiliki keuntungan tersendiri dibanding NVIDIA dikelas Entry level, setidaknya untuk saat ini. NVIDIA memiliki keunggulan pada kartu grafis GTX 1050 , salah satunya adalah arsitektur Pascal, namun satu hal yang hilang dari lembaran spesifikasi dari kartu grafis tersebut adalah kemampuan VR. Sementara, dalam teori, kartu dapat mendukung spesifikasi minimum, konfirmasi resmi masih akan pergi jauh.

Perbedaan harga yang terlihat mungkin kecil untuk beberapa orang, tetapi ketika anda begitu ditekan saat akan membangun komputer dengan anggaran ketat, anda akan bersedia untuk pergi ke sisi low-end.

Disisi lain, kehadiran NVIDIA GeForce GTX 1050 dan GTX 1050 Ti, akan semakin memeriahkan pasar kartu grafis Entry Level, dan dari semua itu, hal ini akan semakin menguntungkan pelanggan yang memiliki anggaran terbatas ketika akan membangun komputer.



Comments