- Hardware, Tutorial

Apakah Dual Channel Memory Membuat Perbedaan Dalam Kinerja Gaming

Arsitektur Dual Channel Memory telah tersedia beberapa tahun terakhir. Secara teori, hal tersebut akan menggandakan bandwidth akses RAM pada komputer Anda. Namun bagaimana dampak yang signifikan terhadap kinerja gaming ketika anda mengaktifkan mode dual-channel?ataukah lebih baik memilih single Channel sebagai pilihan?

Pemilihan RAM memiliki kecenderungan untuk mendapatkan sebagian besar yang biasanya diabaikan ketika membangun sebuah sistem baru. Kebanyakan orang hanya melihat kapasitas dan frekuensi yang mencuri perhatian daripada sebuah Ram.

Modus memori dual-channel berarti bahwa kontroler memori pada mainboard mampu mengakses memori dengan menggunakan dua saluran, bukan hanya satu. Dalam teori ini berarti menggandakan bandwidth memori yang tersedia, tetapi dalam praktek yang sebenarnya adalah anda akan melihat peningkatan dalam kinerja. Kadang-kadang peningkatan kinerja yang berlaku adalah neglible dan beberapa orang mengklaim peningkatan tersebut bisa mencapai 10-15% dalam kinerja.

Namun, orang-orang yang tertarik pada keuntungan kinerja ini sering menjalankan sistem tersebut dengan adapter grafis diskrit dan bukan sebuah GPU terintegrasi. Jika Anda memiliki laptop atau PC miniatur seperti Intel NUC Anda tidak akan memiliki kemungkinan untuk menginstal adapter grafis terpisah ke PC Anda.

Adapter grafis terintegrasi akan menggunakan memori sistem sebagai memori juga, sehingga sebenarnya ada perbedaan yang cukup signifikan dalam kinerja ketika membandingkan single-channel dengan dual-channel, namun dalam kasus tertentu, seperti diluar performa gaming.  Selain itu, jika anda berencana untuk melakukan apa pun yang akan menekankan HD Graphics adapter terintegrasi, hal ini sebenarnya mampu membayar sebuah setup sistem anda dalam mode dual channel.

Setiap orang dengan pengetahuan yang baik tentang komputer akan setuju: jika komputer Anda mendukung modus dual-channel, maka akan lebih baik untuk membeli dua modul memori dari satu modul dengan dua kali kapasitas, karena ketika kedua modul diakses secara bersamaan karena memiliki memori ganda, sehingga akses bandwidth menjadi maksimum. Hasil tes telah membuktikan bahwa, dalam aplikasi memori-intensif, modus dual-channel dapat meningkatkan kinerja komputer.

Tapi bagaimana kinerja game ? Kita tahu bahwa, dalam banyak permainan, kinerja ditentukan hampir secara eksklusif oleh kartu video, dan hanya beberapa yang tergantung pada kinerja CPU tinggi. Akankah modus memori dual-channel menyajikan dampak yang cukup signifikan pada kinerja gaming?.

dual-channel_comparison

Konfigurasi Dual-channel ternyata mampu mengalahkan setup single-channel pada sebuah komputer. Beberapa hasil benchmark menunjukkan peningkatan hampir 50%, sedangkan untuk tes yang tidak memerlukan GPU-intensif mungkin hanya menampilkan kenaikan 0-5 %.

Tapi itu sebenarnya hasil 2 kali bandwidth secara teoritis dari Benchmark. Anda akan melihat keuntungan 10% lebih baik dalam hasil benchmark, tapi anda tidak bisa mengatakan ada perbedaan yang nyata pada komputer ketika sedang bermain game.

winrar-compression
Sumber : http://www.gamersnexus.net/

Selain itu, anda bisa menambah 8 gb untuk membuat dua saluran meskipun mereka tidak harus menjadi merek dan model yang sama, hanya saja pastikan mereka menjalankan frekuensi yang sama dan timing.

Kesimpulan

Jadi, apakah anda bisa meningkatkan kinerja pada konfigurasi dual channel? Berikut adalah ringkasannya :

  • konfigurasi dual-channel tidak menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan dalam skenario game.
  • konfigurasi dual-channel tidak menunjukkan ada perbedaan penting dalam sistem boot dan penggunaan I / O .
  • konfigurasi dual-channel akan menunjukkan keuntungan yang signifikan dalam preview streaming untuk aplikasi intensif seperti rendering.
  • konfigurasi dual-channel akan menunjukkan keuntungan yang signifikan dalam membuat encoding, dan aplikasi transcoding (untuk video dan audio mampat).
  • konfigurasi dual-channel akan menunjukkan keuntungan yang signifikan dalam menyusun aplikasi (pengarsipan data).




Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat