5 Tips Penting Dalam Membeli Laptop

Laptop adalah alat terbaik untuk melakukan pekerjaan serius atau bermain di rumah dan di jalan. Sementara tablet dan smartphone selalu populer, kebanyakan orang menyadari bahwa segala sesuatu yang mereka lakukan mulai dari mengetik sebuah makalah penelitian hingga video game yang mampu bekerja lebih baik jawabannya adalah laptop.

Jadi jenis laptop apa yang harus Anda dapatkan?

Ada berbagai macam ukuran, fitur dan harga, yang membuat memberikan anda pilihan laptop yang tepat dengan tantangannya. Itu sebabnya Anda perlu mencari tahu untuk kebutuhan apa nantinya kehadiran laptop.

Untuk membuat keputusan yang tepat, ikuti langkah-langkah dibawah ini.

 Pilih Platform yang terbaik untuk anda: Mac, Windows atau Chrome OS?

Ini bukan pertanyaan yang mudah untuk menjawab, terutama jika Anda tidak akrab. Tapi gambaran singkat ini, semua OS memiliki kekuatan dan kelemahan masing-masing pada platform.

Kebanyakan laptop datang dengan salah satu dari tiga sistem operasi: Windows, Chrome OS atau Mac OS X (untuk MacBook saja). Memilih yang tepat adalah pilihan pribadi, tapi di sini adalah ringkasan singkat dari apa yang masing-masing tawarkan.

Windows 10

  • Sistem operasi yang paling fleksibel,
  • menawarkan beragam fitur untuk layar sentuh
  • Windows 10, versi terbaru dari sistem operasi andalan Microsoft, memberikan sejumlah perbaikan atas Windows 7 dan 8, termasuk kemampuan untuk beralih antara tablet dan desktop
  • Windows 10 juga menambahkan sejumlah perbaikan, termasuk kemampuan untuk menggunakan menggunakan Cortana

Apple OS

  • Mac OS X El Capitan menawarkan fungsionalitas yang sama dengan Windows 10, tetapi dengan pandangan berbeda pada interface sebagai pengganti dermaga aplikasi di bagian bawah layar untuk menu Start Microsoft dan taskbar.
  • Pengguna iPhone atau iPad akan memiliki kelebihan tersendiri dalam OS ini seperti fitur Launch Pad untuk aplikasi Anda, gerakan multitouch unggul, dan kemampuan untuk mengambil panggilan dan teks dari iPhone . Namun, OS X tidak dibuat untuk sentuhan, karena tidak ada MacBook hadir dengan layar sentuh.

Chrome OS

  • OS Google intinya sederhana dan aman, tetapi terbatas.
  • User interface banyak seperti Windows dengan menu aplikasi, desktop dan kemampuan untuk menyeret jendela sekitar, tapi aplikasi utama Anda gunakan adalah browser Chrome.

Pilihan 2-in-1 Laptop

Hari ini, banyak laptop PC jatuh ke dalam kategori perangkat “, 2-in-1” yang dapat beralih antara modus clamshell tradisional, mode tablet dan posisi lain seperti tenda atau mode berdiri . 2-in-1 umumnya datang dalam dua gaya yang berbeda: detachables dengan layar yang datang dari keyboard dan laptop fleksibel dengan engsel yang menekuk hingga 360 derajat untuk mengubah mode.

Pilihan Ukuran Layar

Sebelum Anda melihat spesifikasi atau harga, Anda perlu mencari tahu bagaimana fungsi portabel mereka dalam hal flesibilitas dan sesuai dengan kebutuhan anda. Laptop biasanya dikategorikan oleh ukuran layar mereka:

  • Layar 11 sampai 12 inci: tipis dan sistem ringan dan biasanya memiliki berat 1.2 Kg hingga 1.8 Kg.
  • 13 sampai 14 inci: Menyediakan keseimbangan terbaik dari portabilitas dan kegunaan, terutama jika Anda mendapatkan laptop yang beratnya kurang dari 2 Kg
  • 15 inci: Ukuran paling populer, laptop 15 inci biasanya memiliki berat 2-3 Kg.
  • 17 sampai 18 inci: Jika laptop Anda tetap di meja Anda sepanjang hari dan setiap hari, sistem 17- atau 18-inch bisa memberikan Anda dengan jenis kekuatan pemrosesan yang anda butuhkan untuk bermain game high-end atau melakukan produktivitas workstation.

Periksa Keyboard dan Touchpad

Spesifikasi paling mengesankan di dunia pilihannya bukanlah selalu tipis jika laptop Anda tetapi tidak memiliki ergonomi yang baik. Jika Anda berencana untuk melakukan banyak pekerjaan pada komputer Anda, pastikan keyboard menawarkan umpan balik taktil yang padat, vertikal (menjauhkan kunci turun ketika ditekan, biasanya 1 sampai 2mm) dan memiliki cukup ruang antara tombol.

Sedangkan untuk  touchpad yang akurat, hal ini tidak akan memberikan kursor acak dan merespon secara konsisten untuk gerakan multitouch seperti pinch-to-zoom. Jika Anda membeli laptop bisnis, pertimbangkan untuk mendapatkan satu dengan stik pengarah (alias inti) antara tombol G dan H sehingga Anda dapat menavigasi di sekitar desktop tanpa mengangkat jari Anda dari baris rumah keyboard.

Pilihan Spesifikasi

Komponen notebook seperti prosesor, hard drive, RAM dan chip grafis dapat membingungkan. Jadi jangan merasa buruk jika lembar spesifikasi terlihat seperti sup alfabet untuk Anda.

Namun begitu, anda harus tetap awas mengenai komponen utama untuk dibawah ini.

Prosesor : “otak” dari komputer anda, prosesor memiliki pengaruh besar pada kinerja, tetapi tergantung pada apa apa yang ingin anda lakukan, bahkan model yang paling mahal mungkin cukup baik.

  • AMD A series atau Intel Core i3 / i5: Jika Anda sedang mencari laptop mainstream dengan kombinasi terbaik dari harga dan kinerja, cobalah Core i5. Core i3 merupakan langkah kecil ke bawah. AMD A CPU seri kurang umum, tapi memiliki janji kinerja yang sama.
  • Intel Core i7: Kinerja High-end untuk rig gaming dan workstation. Model dengan angka yang berakhir di HQ atau K menggunakan watt yang lebih tinggi dan memiliki empat core, memungkinkan untuk game lebih cepat dan produktivitas.
  • AMD E Series atau Intel Pentium / Celeron: Ditemukan pada laptop murah. Ini menyediakan cukup kinerja untuk mengaktifkan tugas-tugas dasar seperti menonton video, mengedit dokumen dan web surfing.
  • Intel Atom: Juga ditemukan di laptop murah dan 2-in-1. Hal ini menawarkan kinerja dasar tetapi daya tahan baterai lebih dari Celeron / Pentium.
  • Intel Core m3 / m5 / m7: Low-power dan panas yang rendah memungkinkan sistem dengan prosesor ini untuk pergi tanpa kipas. Kinerja lebih baik dari Celeron, tapi setingkat di bawah Core I3 / i5.

RAM: Beberapa laptop dibawah 3 juta datang dengan hanya 2GB RAM, tetapi idealnya Anda harusnya memiliki setidaknya 4GB bahkan pada sistem anggaran dan 8GB jika Anda dapat memiliki anggaran.

Penyimpanan Drive (alias Hard Drive): Bahkan lebih penting daripada kecepatan CPU Anda adalah kinerja drive penyimpanan anda. Jika Anda mampu membeli solid state drive (SSD) daripada hard drive, anda akan melihat setidaknya tiga kali kecepatan dan laptop lebih cepat secara keseluruhan.

Layar: Semakin banyak piksel yang anda miliki, semakin banyak konten yang dapat dimuat pada layar, dan akan terlihat lebih tajam . Sebagian besar anggaran dan arus utama laptop memiliki display 1366 x 768 , tetapi jika anda mampu membeli, kami merekomendasikan membayar ekstra untuk panel yang berjalan di 1920 x 1080.

Chip Graphics : Jika Anda bukan seorang Gamer, membuat objek 3D atau melakukan editing video high-res, chip grafis terintegrasi akan baik-baik saja. Jika Anda memiliki salah satu kebutuhan di atas,  pilihan diskrit prosesor grafis dari AMD atau Nvidia sangat penting.

Hemat Baterai

Anda memerlukan daya tahan ideal, minimal 6 jam , dan  8 + jam . Untuk menentukan daya tahan baterai yang diharapkan notebook ini, jangan mengambil apa yang dikatakan oleh  produsen. Sebaliknya, baca hasil pihak ketiga dari sumber yang obyektif.

Rencanakan Berdasarkan Anggaran Anda

Saat ini, anda dapat membeli laptop yang dapat digunakan di bawah 2.5 jutaan, tetapi jika anda memiliki anggaran lebih, anda akan mendapatkan sistem dengan membangun kualitas yang lebih baik, kinerja yang lebih kuat dan layar yang lebih baik. Inilah yang bisa Anda dapatkan untuk setiap kisaran harga.


  • 2 -3 Juta : Pilihan Ekonomis untuk sebuah laptop seperti Chromebook  yang menjalankan OS browser sentris Google, atau low-end sistem Windows dengan penyimpanan minimal dan prosesor lebih lambat, seperti HP Streaming 11 dan Lenovo Ideapad 100S.
MerkSpesifikasi 
Intel Celeron Dual Core N3050 (Up To 2.16GHz)
RAM 2 GB DDR3, 500GB HDD
11.6 Inch HD TN GL (Slim), No DVD-RW
Intel HD Graphics
Bluetooth, WiFi, Win 10
Cek Harga
Intel Celeron N3050 Processor (2.16 GHz)
RAM 2 GB DDR3, 500GB HDD
11.6 Inch HD TN GL (Slim), No DVD-RW
Intel HD Graphics
Bluetooth, WiFi,
Cek Harga
Intel Celeron N2920 2 Ghz
2 GB RAM
Intel HD Graphic
500 GB
Cek Harga

  • 3-6 Juta: Anda bisa mendapatkan notebook dengan prosesor Intel Core i5 atau AMD A8 CPU, 4 8GB RAM, dan hard drive 500GB, semua spesifikasi yang lebih baik. Namun, pada harga ini, kebanyakan notebook tidak memiliki SSD, layar full-HD atau baterai yang tahan lama.

MerkSpesifikasi 
Intel Core i3-4005U - 1.7Ghz
RAM 4GB
HDD 500GB
VGA nVidia GT920M~2GB
Screen 15.6"LED
Cek Harga
Intel Core i3 5020U 2.2Ghz (3MB Cache)
RAM 8GB DDR3, HDD 500GB
Intel HD Graphics
Genuine Windows 10 Home 64bit
15.6" HD LED, DVD RW, Webcam, USB 3.0
Cek Harga
Intel Core i5 4210 1.70GHz
RAM 4GB/HDD 500GB
VGA Intel HD5500
Layar 14"
Cek Harga

  • 7-10 Juta : Ketika Anda mendapatkan laptop diatas 7 juta, anda akan mulai melihat desain yang lebih premium, seperti logam. Produsen juga mulai menambahkan fitur lain termasuk resolusi lebih tinggi dan SSD.

MerkSpesifikasi 
Intel Core i7 6500U-2.4Ghz Turbo 3.0Ghz
RAM 12GB
HDD 1TB
VGA Intel HD 5500
Screen 15.6" FHD Touch
Cek Harga
Intel Core i7-6500U - up to 3.10 GHz
RAM 8GB
HDD 1TB
Screen 14"FHD + Touch
VGA nVidia GT940-2GB
Windows 10
Cek Harga
Intel Core i5-6200U
RAM DDR4 8GB
HDD 1TB
VGA nVidia GT920MX-2GB
Screen 14"LED
Windows 10
Cek Harga

  • Di atas 10 Juta: Pada kisaran harga ini, anda akan mengharapkan notebook yang lebih portabel, lebih kuat atau keduanya. Mengharapkan layar resolusi tinggi, prosesor yang lebih cepat dan diskrit kartu grafis . seperti MacBook Air 13-inch dan Dell XPS 13.

MerkSpesifikasi 
Intel Core i7-6700HQ up to 3.5 GHz
4GB RAM DDR4 Upgradeable to 32 GB
1TB HDD
Nvidia GeForce GTX950M-4GB GDDR5 VRAM
15.6" FHD Display (1920x1080)
Cek Harga
Intel Core i7 6700HQ 2.6Ghz up to 3.5Ghz (6MB Cache)
RAM 8GB DDR4, HDD 1000GB
Nvidia Geforce GTX950M 4GB DDR3
15" inch Full HD Comfy View LED Display
Fast Speed Wifi a/c, Bluetooth 4.0, Gigabyte LAN, USB 3.0
Cek Harga
Intel Core i7-6500U - 2.5 up to 3.10 GHz
RAM 8GB
HDD 256GB SSD
Screen 13.3"+Touch
Windows 10
Cek Harga




Comments