Bingung Memilih Kartu Grafis Yang Bagus? Baca Tipsnya disini

Hal apa yang penting ketika akan memilih Kartu Grafis yang Bagus?

Ini adalah pertanyaan yang bagus. Seperti halnya anda harus memahami Windows yang sebenarnya mampu secara otomatis menggunakan dan memanfaatkan kemampuan akselerasi hardware video kartu grafis.

Dan ini tidak berarti bahwa anda perlu untuk pergi keluar dan membeli kartu grafis high-end untuk bermain game, tetapi anda perlu beberapa panduan yang lebih lanjut dan membantu anda dalam pertimbangan yang lebih baik ketika melakukan pembelian kartu grafis jika Anda akan melakukannya.

Catatan: anda tidak perlu menghabiskan uang banyak untuk top end 3D kartu grafis untuk menjalankan dan memainkan game terbaru.




Berikut dibawah ini adalah hal yang penting bagi anda untuk memilih kartu grafis yang baik sesuai dengan kebutuhan.

Dukungan DirectX

Dukungan DirectX minimum untuk driver kartu kartu grafis dan grafis Anda adalah versi 9 atau lebih sedangkan untuk versi 10 atau lebih besar akan memberikan kinerja yang lebih baik.

Graphics Processing Unit (GPU)

Kebanyakan kartu grafis saat ini menggunakan GPU AMD, Intel atau NVIDIA . Semua bekerja sama dengan baik, tapi driver AMD tampaknya memiliki latency DPC lebih rendah daripada NVIDIA. Jika Anda menggunakan motherboard yang menggabungkan prosesor AMD dan chipset AMD, kartu grafis AMD akan berpasangan dengan baik dengan itu. Dan sebaliknya, jika motherboard anda menggunakan NVIDIA chipset, maka kartu grafis NVIDIA mungkin memiliki sedikit keuntungan daripada memiliki GPU AMD dan Intel .

Jenis Video Card Bus

PC yang lebih tua biasanya memiliki tipe slot bus Graphics Port (AGP)  untuk menginstal adapter grafis. PC baru memiliki x16 Peripheral Component interface Expres (PCI-E atau PCIe) sebagai cara standar untuk menghubungkan kartu grafis ke motherboard. PCI-Express menawarkan sekitar dua kali kecepatan transfer data daripada 8x AGP, jadi jika Anda memiliki pilihan, menggunakan slot PCI-E, verifikasi jenis bus slot PC apa sebelum membeli kartu video.

GPU Processor Clock Speed

Semakin besar clock speed, tidak secara otomatis berarti bahwa nantinya kartu grafis akan memiliki dua kali kinerja. Kadang-kadang kecepatan 3 GHz  bisa lebih lambat dari 2 GHz jika mereka didasarkan pada arsitektur GPU lebih rendah. Seperti terjadinya Bottleneck pada kartu grafis. Kami sarankan anda memeriksa situs pengujian perangkat keras dan membaca ulasan pada kartu video yang berbeda.

Memori Kartu grafis

Kesalahpahaman terbesar di luar sana adalah bahwa memiliki RAM grafis lebih(GRAM) akan meningkatkan kinerja video. Tapi, untuk sebagian besar, ini sebenarnya tidak benar. Ada jumlah minimum RAM grafis yang direkomendasikan untuk aplikasi dan game tertentu, tetapi RAM yang lebih tidak perlu diterjemahkan ke dalam kinerja operasional yang lebih baik. Sedangkan bandwidth grafis RAM mungkin memiliki efek langsung pada kinerja video, kuantitas RAM tidak memiliki dampak langsung pada seberapa cepat dari kinerja kartu grafis. Sebagai contoh, jika anda membandingkan vga yang memiliki 2 Gb ram ddr3 64 bit 700 mhz dengan 1 Gb ddr5 256-bit 1000 Mhz, mana yang lebih baik?

Bandwidth RAM kartu grafis dipengaruhi oleh dua faktor utama:

  • Clock rate dan
  • Lebar Interface.

Clock rate diukur dalam MHz, seperti CPU sedangkan Lebar interface diukur dalam bit, seperti 128-bit. Tanpa kita pergi menjelaskan detail terlalu banyak, sebagai asumsi, anda harus tahu bahwa 200 memori MHz harus memberikan dua kali bandwidth dari 100 MHz memori, dengan asumsi segala sesuatu yang lain adalah sama. Demikian pula, bus memori 128-bit harus menyediakan dua kali bandwidth dari bus 64-bit.

Untuk menjalankan Software atau game, memory grafis dengan 512 MB 128-bit grafis RAM adalah jumlah minimum yang disarankan untuk kinerja yang optimal. Tapi jika kurang dari itu, sebenarnya aplikasi seperti contohnya SmartSDR-Win akan berfungsi, tapi itu akan mengakibatkan penggunaan CPU yang lebih tinggi.

Kartu Grafis Dedicated vs Integrated Graphics

Banyak prosesor baru sekarang ditawarkan built in dengan mesin grafis terintegrasi ke dalam CPU. Dengan mengintegrasikan grafis ke CPU, sistem memiliki biaya yang lebih rendah, mengkonsumsi listrik kurang dan menghasilkan sedikit panas. Keuntungan ini datang juga dengan harga yang lebih rendah . Grafis terintegrasi menggunakan sistem memori dari Ram PC daripada Graphics RAM optimal (GRAM) yang biasanya ditemukan pada kartu grafis add-in.

Sistem RAM yang lebih lambat dapat mengakibatkan turunnya layar dan lambat saat rendering (drawing) ketika menampilkan beberapa spektrum dengan resolusi tinggi. Jadi jika anda ingin pergi melalui kartu grafis yang terintegrasi, berarti anda harus memiliki ram PC yang lebih baik dan ukuran yang lebih besar.

Benchmarking kartu Grafis

Anda bisa menggunakan Software benchmarking atau melihat disitus benchmarking untuk menilai kinerja hardwareseperti, contohnya Software PassMark yang digunakan untuk hardware PC sebagai patokan dan memberikan peringkat kinerja rata-rata. Dan ada peringkat masing-masing untuk kartu video yang dapat digunakan dalam mengevaluasi kartu video yang berbeda. Anda dapat mengakses PassMark Video basis data kartu acuan pada: http://www.videocardbenchmark.net/



Comments