Tips Menggunakan Smartphone Android Sebagai Travel Guide (Secara Offline)

Ketika Anda pergi dalam sebuah perjalanan baik itu dalam rangka berlibur maupun kerja,  biarkan peta, brosur panduan wisata, dan kamus tebal tetap tersimpan di rumah. Karena semua yang anda butuhkan adalah sebuah smartphone Android. Dengan itu, anda dapat melakukan segala sesuatu secara offline dengan fitur yang dibangun ke aplikasi Android dan bebas untuk diunduh.

Di era sebelum Internet, orang membeli paket wisata yang terbuat dari kertas. artikel ini berisi peta, daftar objek wisata, informasi tentang adat istiadat setempat, dan informasi lain seperti hal lain yang berguna untuk berwisata di daerah. Hari ini, kita tidak perlu tergantung lagi pada panduan wisata. Dengan sebuah smartphone yang canggih, anda bisa kemanapun tanpa harus tersesat. Namun saja tetap kita harus mencari tahu terlebih dahulu mana yang terbaik dan mentaati peraturan yang ada.

Manfaatkan trik ini dan anda dapat melakukan perjalanan tanpa banyak menggunakan koneksi data Anda, dan mungkin menyelamatkan pundi rupiah pada biaya roaming data yang mahal dan cukup menggangu kenyamanan smartphone Anda .




Offline Maps

Google Maps pada Android memiliki fitur dukungan offline. Fitur ini sebelumnya dianggap eksperimental, tapi sekarang stabil . Untuk mendapatkannya secara offline, anda dapat men-download area peta untuk ponsel Android anda . Ketika anda berada di sebuah daerah, anda dapat membuka Google Maps dan menggunakan GPS smartphone yang memiliki peta yang sudah disimpan sebelumnya untuk melihat di mana anda berada.

Google Maps tidak menyediakan navigasi secara offline, yang berarti Anda tidak dapat meminta untuk diarahkan, tetapi anda dapat melihat di mana anda berada pada peta . Jika Anda meminta Google Maps untuk mengarahkan ke lokasi tertentu saat anda memakai koneksi Wi – Fi dan kemudian pergi offline, anda dapat terus mengikuti arah tersebut dan melihat lokasi anda di peta yang benar-benar offline . Anda hanya perlu mencari arah yang diperlukan.

Untuk men-download peta sebagai penggunaan offline:

  • Buka Google Maps , tekan tombol Menu, dan pilih Make Available Offline .
  • Pilih wilayah peta yang anda inginkan dan ketuk Selesai
  • Ponsel Anda akan men-download untuk digunakan secara offline .

offlibemap

Anda dapat mengelola peta offline dari kapan saja. Daerah peta offline terdaftar di bawah kategori Offline .

Offline Translation

Google Translate sekarang memiliki dukungan untuk terjemahan offline. Anda dapat men-download kamus dan menggunakan app Google Translate untuk menerjemahkan kata dan frase antara bahasa , seperti yang Anda lakukan di web browser. Dan lebih baik lagi, Android 4.2 mencakup secara offline speech-to- text dan fitur text – to-speech .

Jika Anda memiliki smartphone yang menjalankan Android 4.2 atau lebih, anda juga dapat men-download dukungan bahasa yang sesuai untuk penggunaan offline. Hai ini akan memungkinkan anda untuk berbicara kata-kata ke dalam telepon dan mereka telah diterjemahkan dalam Google Translate .

Anda juga bisa menggunakan Google Translate untuk smartphone Sebagai Voice Recognition  bahasa asing dan menerjemahkannya kepada Anda , semua secara offline. Untuk memulainya:

  • Download Google Translate resmi untuk Android .
  • Buka, kemudian tekan tombol menu , dan pilih Bahasa Offline .
  • Download bahasa yang ingin Anda gunakan secara offline .
  • Google Translate app sekarang akan bekerja secara normal untuk bahasa ini , bahkan ketika Anda sedang offline.

offline langaune

Pada Android 4.2 , Anda dapat menginstal dukungan suara secara offline dengan cara :

  • Buka layar Pengaturan ponsel Anda ,
  • kemudian menekan Languange & Input,
  • Tekan tombol Settings di sebelah kanan dan ketik Google Voice Typing.
  • Tekan Download offline speech recognitiondan download bahasa yang ingin Anda gunakan secara offline .

offline speech

Anda pada akhirnya dapat berbicara bahasa ini ke ponsel Anda atau mereka berbicara dan menerjemahkan kembali kepada Anda dalam semua aplikasi, termasuk aplikasi Terjemahan Google. Nah, selamat mencoba.



Comments