Cara Memperbaiki Komputer atau Laptop Yang Sering Crash Saat Bermain Game

Siapa pun yang pernah bermain game di komputer mungkin dan pasti pernah mengalami berbagai masalah. Salah satu masalah yang sering terjadi adalah ketika komputer atau laptop crash atau reboot tanpa alasan yang jelas. Hal ini paling sering terjadi ketika anda bermain game 3D atau game lainnya yang benar-benar meregangkan kemampuan komputer Anda.

Sementara ada banyak alasan lain, namun salah satu penyebabnya yang sering adalah karena komputer atau laptop terlalu panas . Jika hal ini terjadi, anda mungkin dapat mengatasi masalah komputer anda sendiri. Jadi sebelum anda lari ke seseorang untuk memperbaiki komputer, pastikan bahwa anda sudah mencoba untuk memecahkan masalah ini sendiri. Bahkan anda mungkin tidak perlu untuk membawanya ke orang lain, yang harus dibayar untuk jasa mereka .

Cara bagaimana mengenali masalah mengenai overheating pada komputer atau Laptop

Berikut adalah gejala yang harus anda harus cari :

  • Komputer Anda boot up tanpa masalah dan bekerja sempurna baik-baik saja
  • Tidak ada masalah ketika melakukan pekerjaan rutin seperti pengolah kata , browsing internet dll
  • Ketika Anda mulai bermain game, pada awalnya dimulai baik-baik saja dan anda dapat bermain untuk sementara waktu
  • Tiba-tiba, di tengah-tengah permainan, komputer crash dan reboot tanpa peringatan
  • Jika Anda mengalami perilaku ini atau yang serupa , Anda mungkin mengalami masalah dengan overheating .

Apa yang menyebabkan overheating pada komputer

Ada banyak alasan mengapa komputer akan menjadi terlalu panas. Bahkan, selama komputer dipakai cukup lama, hal itu sebenarnya bisa dihindari . Berikut adalah beberapa penyebabnya :

  • Sebagian besar komputer bergantung pada fans atau Kipas atau Pendingin untuk mendinginkan suhu atau menjaga suhu.
  • Fan atau kipas ini ini memiliki umur yang terbatas dan akhirnya akan mati dan harus diganti.
  • Perubahan suhu dan kelembaban dapat meningkatkan panas dalam komputer Anda yang mencukupi atau memblokir aliran udara ke dan dari komputer yang berarti komputer tidak dapat benar untuk menghapus panas.
  • Penumpukan debu dalam komputer dan panas menjadi perangkap komponen yang dapat dan mengurangi kemampuannya untuk mendinginkan

Beberapa atau semua faktor dari ini dapat menggabungkan dan menciptakan situasi di mana panas secara bertahap dibangun sampai komputer tidak bisa lagi mentolerir stres panas .

Mengapa overheating bisa menyebabkan komputer crash

Kebanyakan komponen elektronik dan dengan yang demikian mampu beroperasi dengan aman dalam batasan tertentu. Selama komputer tetap dalam parameter yang benar, seperti suhu , komputer bisa berfungsi sebagai apa yang dirancang. Tapi jika terlalu panas atau terlalu dingin , mereka tidak dapat beroperasi sebagaimana dimaksud dan akan gagal. Gejala Crash dan reboot adalah gejala bahwa ada sesuatu yang salah dan perlu diperbaiki sesegera mungkin .

Mengapa komputer saya crash hanya saat bermain game

Alasan mengapa hal itu terjadi dengan permainan, karena game 3D cenderung dapat meregangkan sumber daya komputer lebih dari tugas-tugas lain seperti pengolah kata atau browsing internet. Biasanya, komputer Anda hanya akan berjalan di sebagian kecil dari kapasitas sebenarnya. Tapi dengan game 3D, komputer dan terutama central processing unit atau CPU dapat berjalan hingga hampir 100 persen.

Ketika komputer Anda berjalan pada kapasitas maksimum, hal ini akan menghasilkan lebih banyak panas daripada yang biasanya terjadi. Hasilnya adalah bahwa komputer tidak bisa lagi mengatasi stres dan crash. Setelah Anda berhenti bermain game, komputer akan restart kembali ke tingkat normal, yang dapat ditolerir.

Perhatikan bahwa bukan hanya permainan yang menyebabkan crash komputer yang sama. Beberapa aplikasi perangkat lunak yang cukup intensif, seperti Computer Aided Design software, juga dapat mengalami perilaku serupa dengan masalah overheating. Namun, permainan jauh lebih umum sebagai penyebab utamanya. Itulah sebabnya fenomena ini biasanya berhubungan dengan permainan.

Cara untuk memperbaiki masalah komputer terkait dengan overheating

Kabar baiknya dengan masalah komputer terkait dengan overheating adalah bahwa mereka dapat diselesaikan sendiri dan tanpa mengeluarkan atau terlalu banyak uang. Berikut adalah apa yang perlu anda lakukan:

  • Pertama, buka casing komputer dan atur kabel dan jaraknya untuk meningkatkan aliran udara. Ini hanya solusi awal sampai solusi yang lebih permanen dapat ditemukan. Pastikan bahwa udara dapat mengalir dengan bebas. Saringan udara dari desktop dan terutama laptop harus disimpan terbuka.
  • Jika Anda memiliki ruang ber-AC, pindahkan komputer ke ruangan itu. Turunkan termostat jika mungkin untuk membantu untuk mendinginkan komputer Anda.
  • Periksa apakah kipas komputer Anda masih bekerja. Jika mereka tidak berputar, Anda harus menggantinya dengan yang baru.
  • Bersihkan semua debu yang menumpuk di dalam komputer dan semua komponennya. udara akan terkompresi dengan baik.

Dusty-PC-fans-1

  • Biasakan rutin untuk membuka komputer Anda untuk melihat apakah semuanya masih dalam rangka kerja. Menyingkirkan debu secara teratur untuk mencegah masalah komputer dimasa depan.
  • Terakhir dan yang terpenting, adalah mengoles kembali Thermal Pasta pada fan prosesor, karena kemungkinan besar suhu panas yang dihasilkan dari CPU karena habisnya thermal pasta pada fan prosesor.




Comments