Gejala Umum PSU Yang akan Mengalami Kerusakan/Kegagalan

Hampir sama seperti hard drive di komputer, semua unit power supply (atau PSU singkatnya) akhirnya juga akan mengalami kegagalan. Juga seperti hard drive, hal itu bukan masalah jika itu adalah masalah kapan dan mengapa hal tersebut terjadi. Pada artikel ini, anda akan belajar bagaimana mereka mengalami kegagalan, dan bagaimana kita melihat gejala umum mengenai PSU yang akan rusak atau mengalami kegagalan, dan bagaimana untuk mendiagnosa masalah tersebut.




Dalam komputer, PSU adalah alat yang mengubah listrik alternatif (listrik dari stopkontak Anda, biasanya 110V atau 220V) untuk mengarahkan arus ke komponen di dalam kasus ini. Ketika kita melihat dari luar, itu memiliki plug dengan tiga cabang yang dihubungkan ke soket Anda. Sama halnya dengan laptop, kecuali jika mereka eksternal: Sebuah blok dan kabel yang menempel ke belakang dan dihubungkan ke dinding.

Setiap power supply memiliki daya yang berbeda-beda. Beberapa (biasanya untuk laptop) mungkin memiliki output yang rendah dari 65 watt, sementara yang lain mungkin memiliki Output 1000 watt atau lebih. Dan beberapa mungkin hanya memiliki 10 amp, sementara yang lain bisa memiliki 65 amp.

Dan ketika PSU tidak lagi memberikan kekuatan untuk kebutuhan komputer anda, hal-hal yang tidak diinginkan mulai mendapatkan terjadi, lihatlah di bawah ini untuk tanda-tanda gejala PSU yang akan mengalami kegagalan.

Gejala Power Supply yang akan mengalami Kegagalan

Lebih sering daripada tidak untuk beberapa saat, anda bukan hanya tidak mendapatkan peringatan bahwa PSU akan berhenti pada komputer, namun, kadang-kadang mungkin melakukan satu (atau lebih) hal dari yang berikut ini:

  • Suara-suara aneh atau bising yang terdengar dari belakang komputer di mana kabel tersebut berada.
  • Ketika komputer dihidupkan, tidak ada yang terjadi. Kadang-kadang hal ini mungkin bertepatan dengan lampu yang berkedip di depan komputer atau indikator pada bagian belakang PSU (jika dilengkapi).
  • Komputer akan menyala selama beberapa detik dan kemudian kembali off. Meskipun hal ini dapat menjadi masalah akibat kelistrikan, juga mungkin menunjukkan kegagalan dari motherboard.
  • Komputer akan aktif untuk sementara waktu, tapi mungkin saat anda sedang bermain game atau menggunakan aplikasi lain, komputer anda secara acak mati tanpa peringatan. Hal ini juga akan menampilkan layar biru.

Ketika anda sedang memainkan game, kita harus menyadari bahwa kartu video hari ini membutuhkan banyak tenaga dan ampere untuk berjalan dengan benar. Ketika membeli PSU, pastikan Anda memiliki watt dan ampli yang dibutuhkan untuk peralatan dalam komputer Anda, terutama kartu video.




Jadi , Mengapa PSU bisa Gagal ?

Intinya pasokan listrik yang harusnya disuplai ke komputer anda  mengalami kegagalan . Kegagalan ini dapat dipicu oleh sesuatu yang telah Anda lakukan tapi kadang-kadang juga , PSU yang anda miliki selama bertahun-tahun telah menyerah . Di bawah ini adalah daftar faktor umum yang mengirimkan unit PSU anda ke kuburan nya.

  • Umur : Kebanyakan PSU memberikan berumur antara 5-10 tahun , tapi itu bukan jaminan . hidupnya juga tergantung pada seberapa sering Anda menggunakan komputer.
  • Interferensi listrik ( petir , lonjakan daya , dll ) .
  • Kotoran / Zat asing ( asap rokok , debu rumah , dll ) .
  • Brown – Out : Sebuah tetesan baik itu disengaja atau tidak disengaja tegangan . pengurangan beban ini kadang-kadang digunakan dalam keadaan darurat , seperti selama gelombang panas ketika semua orang menggunakan AC mereka .
  • Overheating dan / atau Kegagalan Ventilasi.

Alasan yang paling umum adalah overheating dan petir. Namun, jika Anda seorang perokok atau memiliki komputer di lingkungan yang berdebu, yakinlah Anda akan mengganti PSU Anda lebih awal daripada kemudian .

Bagaimana cara yang dapat dilakukan untuk Memperpanjang Hidup PSU ?

Ada beberapa hal yang akan membantu Anda mendapatkan hasil maksimal dari power supply. Anda bisa dan harus dapat memperpanjang hidupnya di luar garansi pabrik . Hanya ingat bahwa hal itu tidak akan bertahan selamanya .

  • Pastikan Anda tidak memaksimalkan watt dengan peralatan tambahan ketika anda menginstal . PSU harus melebihi persyaratan sistem anda minimal 20 % dan komponen hardware tidak melebihi kapasitas daya yang dimiliki PSU.
  • Jangan membeli PSU dengan kualitas rendah . Sebuah PSU yang bagus akan memiliki biaya sedikit lebih, tapi akan pergi sejauh mungkin.
  • Simpanlah sebaik-baiknya dan bersihkan PSU anda dari debu secara berkala dan sebebas mungkin .
  • Tetap untuk bermain dengan komputer anda di bawah 80 derajat .

Menjaga kualitas udara untuk selalu bersih mungkin sulit dalam beberapa skenario, sehingga jika anda mendapatkan atau memiliki filter udara akan berguna . Kadang-kadang membersihkan sistem juga akan memperpanjang hidupnya  karena komputer perlu juga untuk bernapas, atau akan terlalu panas dan mati .



Comments