Samsung SSD 15 Tb sudah Bisa dibeli Seharga 130 Jutaan,Mau?

Samsung SSD 15 Tb sudah Bisa dibeli Seharga 130 Jutaan,Mau?

Industri terkemuka dalam bidang elektronik, Samsung yang sudah lama merambah dalam bidang har drive pula, kini mengeluarkan hard drive SSD Samsung PM1633a dengan total kapasitas 15.36TB pada bulan Maret lalu. Dan sekarang SSD ini  muncul di situs web reseller dengan harga sekitar $ 10.000 atau kurang lebih 130 juta rupiah. Hal itu setidaknya ada beberapa situs ritel dan ada pula yang menawarkan untuk basement harga murah mulai dari $ 9.690 atau sekitar 120 jutaan.

Sementara itu ketika konsumen melihat bahwa harga tersebut diluar masuk akal dan diluar jangkauan rata-rata untuk konsumen pada umumnya, Samsung PM1633a SSD sebenarnya benar-benar ditargetkan bukan untuk konsumen pada umumnya, melainkan untuk konsumen khusus yang memiliki kapasitas untuk hal lebih jauh,seperti desainer gaming,editing dan sebagainya.

SSD ini menawarkan kemampuan dalam membaca acak dan menulis kecepatan hingga mencapai 200.000 dan 32.000 I / Os per detik ( IOPS ) , dengan masing-masing sequential read dan untuk menulis hingga 1.200 Mbps . Seberapa cepatkah  itu? Ini lebih dari dua kali lipat dari kecepatan rata-rata untuk sebuah SSD,yang juga merupakan high-end SSD untuk konsumen.

Samsung PM1633a SSD sebenarnya diluncurkan tahun lalu , yang datang dalam ukuran 2,5 -in.  Ukuran drive sama dengan yang digunakan dalam laptop modern . Tinggi  dari SSD ini mencapai  0,6  atau 15mm,dan hal itu menyebabkan  terlalu tebal untuk muat di laptop kebanyakan. SSD laptop biasanya 9mm , 7mm atau 5mm tinggi ( untuk ultrathin notebook ) .

PM1633a menggunakan Serial Attached SCSI ( SAS ) dengan interface 12Gbps dan faktor bentuk yang memungkinkan administrator storage enterprise untuk menyimpan dua kali lebih banyak dari ukuran drive standar 19 inci , rak 2U , dibandingkan dengan model  3,5 inci dari  penyimpanan drive.




 PM1633a SSD dibangun yang dibangun oleh Samsung merupakan generasi ketiga, yang juga pada awalnya di aplikasikan pada teknologi 256GB V – NAND 3D , yang memiliki tumpukan array sel Flash dengan jumlah tinggi lapisan 48  untuk kepadatan yang lebih besar , kinerja dan kehandalan dari pendahulunya ( Samsung generasi kedua , 32 -layer , 128GB V – NAND Memory).

PM1633a SSD dapat menulis dari dua sampai 10 kali data yang sesuai dengan ciri khas SATA SSD berdasarkan multi-level cell ( MLC ) teknologi Flash planar . SSD dapat dipertahankan untuk menulis ke dalam  drive hingga penuh setiap hari selama masa garansi yang mencapai lima tahun , yang berarti lebih dari 27 petabyte data dapat ditulis untuk selama itu dan selama masa pakai baterai . Samsung mengklaim drive ini memiliki 2 juta jam waktu yang berarti antara kegagalan ( MTBF ) , sama seperti PM1633 SSD generasi pertama ; garis SSD , yang hanya menawarkan kapasitas sampai 3.8TB .

Dan diakui pula, bahwa spesifikasi MTBF lebih cocok untuk menentukan umur rata-rata seluruh line drive. Samsung mengklaim bahwa dalam kapasitas 15.36TB mampu mendorong 512 chip memori 256GB V – NAND dapat ditumpuk hingga 16 lapisan untuk membentuk paket 512GB tunggal , dengan total paket kilat 32 NAND . Bersama dengan semua memori non -volatile , Samsung juga mulai memproduksi 16GB DRAM dan digunakan untuk merancang firmware khusus yang dapat mengakses sejumlah besar high-density flash NAND secara bersamaan .

Dalam chip V – NAND Samsung , setiap sel menggunakan teknologi yang sama dengan Charge Trap Flash 3D  CTF ) dimana struktur array sel flash ditumpuk secara vertikal untuk membentuk massa tingkatan hingga 48 dimana masing-masing  elektrik terhubung melalui 1,8 miliar lubang saluran vertikal  melalui array yang menggunakan teknologi etsa khusus .

Secara total , setiap chip V – NAND mengandung lebih dari 85300000000 sel . Masing-masing dari mereka dapat menyimpan 3 bit data , sehingga dengan kata lain dari 256 miliar bit data dapat disimpan dengan kapasitas 256GB pada sebuah chip.

Untuk kedepannya, Samsung akan menyediakan berbagai macam pilihan kapasitas yang berdasarkan SSD line- up PM1633a -, mulai dari  7.68TB , 3.84TB , 1.92TB , 960 – gigabyte ( GB ) dan 480GB pada akhir tahun ini . Dengan pilihan lebih bervariasi dalam  kapasitas penyimpanan, Samsung akan memperkuat daya saing di nya pada bidang SAS SSD line- up .



Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com