AMD dan Nvidia Bersaing Panas untuk kartu Grafis Masa Depan

Archrivals antara Nvidia Corp dan Advanced Micro Devices Inc ( AMD ) hampir sama dengan rival antara Coke dan Pepsi,hanya saja bidang yang terkait merupakan industri komputer grafis. Dan minggu ini kedua perusahaan telah mengumumkan lini baru dari high-end graphics processing unit ( GPU ) yang dirancang untuk digunakan dalam desain workstation, yang juga semakin memperpanas persaingan diantara keduanya.

Nvidia dengan Quadro P6000

SIGGRAPH_2016_Press_Brief_final-page-010_575px

Produk baru dari Nvidia adalah Quadro P6000, yang di klaim oleh perusahaan dapat digunakan sebagai sumber daya workstation paling canggih yang pernah dibuat .




Dengan core 3.840 dan 12 TFLOPS daya komputasi menakjubkan, seorang desainer akan dapat memanipulasi desain yang kompleks hingga dua kali lebih cepat seperti sebelumnya , ” kata Nvidia dalam siaran pers .

Nvidia Quadro P6000 dibangun dari arsitektur Nvidia baru chip Pascal , yang juga merupakan dasar dari GPU terbarunya untuk konsumen yaitu : GeForce 1080 , 1070, dan 1060. Nvidia Pascal dirancang dengan virtual reality khusus dalam pikiran , dan perusahaan mengatakan bahwa workstation GPU baru lebih membanggakan dalam hal kemampuan pengembangan aplikasi VR yang kuat .

Tentu saja, semua kekuatan yang baru tersebut datang dengan biaya yang tajam, dan tidak hanya ketika hal tersebut datang pada sisi harga, yang belum juga diumumkan secara resmi. Spesifikasi mengesankan dari Quadro P6000 ini memerlukan 250W , dan faktor f0rm dari kartu itu sendiri cukup besar, yang berukuran 4,4 inci tinggi dan panjang 10,5 inci . Itu berarti bahwa jika Anda ingin dapat menangani GPU baru dari Nvidia , Anda akan perlu dua unit power supply untuk tampil mengesankan dan casing komputer yang cukup besar .

Dan juga, jika Anda menghabiskan ratusan dolar pada GPU workstation , Anda mungkin memiliki semua. Nvidia mengatakan bahwa kartu baru ini akan tersedia musim gugur tahun ini .

AMD dengan Radeon Pro WX Series

AMD-Radeon-Pro-SSG
Garis terbaru dari AMD GPU workstation , yakni Radeon Pro WX Series ,juga didalamnya termasuk tiga kartu yang berbeda yang akan datang pada spesifikasi yang berbeda pula dan poin harga. Pada sisi baris atas model , Radeon Pro WX 7100 , akan dibanderol di bawah $ 1.000 atau kurang lebi sekitar 13 juta, tapi sejauh ini AMD belum merilis harga resmi untuk setiap GPU barunya .

AMD mengakui bahwa kartu Nvidia mungkin memiliki teknologi yang mampu mengalahkan Series WX pada kecepatan jika hanya untuk mengalahkan kecepatan saja, tetapi Raja Koduri, wakil presiden senior dan kepala arsitek dari Radeon Technologies Group di AMD, mengatakan bahwa AMD akan tetap terdepan dari Nvidia ketika datang dari kinerja dan harga. AMD mungkin bukan yang tercepat,tapi soal kinerja dan harga AMD selalu menjadi banyak pilihan.

Koduri dalam sebuah pernyataan mengatakan“Kami telah mengambil, melihat dan bekerja keras  di ruang workstation dan memilih untuk fokus pada apa yang kita definisikan sebagai ‘seni yang tidak mungkin”’. Radeon Pro merupakan alternatif yang kuat dengan cara lama dalam melakukan sesuatu, menetapkan solusi selain proprietary untuk sumber yang terbuka, dan memiliki ekosistem tertutup yang mendukung pilihan lebih besar dan fleksibilitas.

Ia juga mengatakan bahwa “Bila Anda berinvestasi di Radeon Pro, Anda tidak hanya berinvestasi di produk, tetapi dalam pendekatan holistik untuk merancang dan pembuatan konten. Radeon Pro juga memberikan pelanggan untuk memiliki kontrol penuh dari nasib mereka, kesempatan untuk merealisasikan keuntungan di seluruh ekosistem, dan kemampuan untuk menciptakan ‘seni yang tidak mungkin’ tanpa memiliki alat untuk mendikte cara mereka dalam berlatih kerajinan Anda. “

Apakah dari faktor titik harga yang lebih murah yang ditawarkan AMD akan bernilai spesifikasi yang sesuai apa yang diharapkan?semua itu masih harus dilihat kedepannya, tapi jika kita melihat pasar GPU konsumen saat ini, masih ada atau masih banyak orang yang bersedia untuk membayar lebih bahkan untuk peningkatan kinerja terkecil sekalipun.

Kartu WX Series baru akan ditetapkan dan di rilis beberapa sebelum akhir tahun ini.Bagaimana menurut anda?



Comments

One thought on “AMD dan Nvidia Bersaing Panas untuk kartu Grafis Masa Depan

Comments are closed.