Sistem Operasi Mana yang Anda Suka Pada Smartphone Hari ini?

Apakah anda tidak yakin mengenai sistem operasi pada smartphone yang sedang anda pakai saat ini?atau mungkin anda hanya perlu sedikit penyegaran mengenai sistem operasi yang ada pada smartphone/ponsel ?Atau mungkin juga anda hanya ingin melihat perbandingan sistem operasi mobile untuk melihat mana yang paling cocok untuk Anda ?

Apa yang dimaksud dengan sistem operasi ponsel ?

Sudah Lewatlah hari-hari ketika ponsel hanya sebuah perangkat untuk membuat panggilan telepon dan mengirim teks sesekali.Smartphone modern hari ini lebih dekat/atau sebanding dengan komputer genggam yang memungkinkan kita untuk mengirim email, bermain game, menonton berita dan membuat panggilan video ke orang-orang terdekat,dan lebih banyak lagi fitur yang bisa dihadirkan yang tidak bisa anda bayangkan.

Sistem operasi, juga dikenal sebagai OS mobile, adalah perangkat lunak yang menjalankan komputer desktop/laptop dan mengelola sumber daya mereka serta memori ketika mereka sedang digunakan untuk pekerjaan multi-tasking.Tapi untuk beberapa waktu sekarang, dan seiring dengan kemajuan yang telah hadir dalam ponsel atau smartphone,kini sistem operasi telah digunakan juga dan mengikuti perkembangan yang telah membawa fungsi-fungsi lanjutan untuk ponsel yang sebelumnya hanya tersedia di komputer kita.Dan karena itu juga,platform dari  para pengembang banyak  membuat aplikasi atau ‘apps’ (program perangkat lunak yang dikembangkan untuk smartphone yang dapat melakukan fungsi-fungsi tertentu).Ada ratusan ribu aplikasi yang tersedia dan masih banyak aplikasi yang terus dikembangkan dimana masing-masing dari mereka mempunyai sendiri.Misalnya, Anda dapat mengunduh aplikasi cuaca yang memberitahu Anda suhu saat ini atau peluang hujan di kota Anda esok hari, aplikasi berita atau widget yang mengirimkan berita terbaru langsung ke homescreen perangkat, atau permainan untuk hanya melewatkan waktu.

Bagaimana saya tahu sistem operasi apa dari ponsel yang saya memiliki?

Karena sistem operasi smartphone yang begitu terintegrasi hanya dengan melihat, merasakan dan melihat fungsi dari ponsel , banyak orang mendasarkan pilihan mereka kepada perangkat di sekitar sistem operasi yang banyak atau umum digunakan.Jika Anda telah membeli smartphone Anda , nama dan versi perangkat lunak bisa dilihat/dirinci dalam menu pengaturan . Namun, jika Anda membeli ponsel baru ,informasi  sistem operasi dapat ditemukan dalam spesifikasi handset .

Jenis sistem operasi smartphone yang ada

Beberapa sistem operasi mobile yang banyak beredar dalam perangkat lunak open source , yang berarti tidak ada pembatasan pada apa yang dapat Anda download di atasnya , atau yang dapat mengembangkan perangkat lunak ( sering juga disebut sebuah ‘ komunitas ‘ pengembang ) .

Sistem operasi Open source sepenuhnya dapat disesuaikan , sementara yang lainnya hanya dibatasi dalam jenis perangkat lunak yang diizinkan untuk berjalan pada perangkat tertentu .

Berikut daftar sistem operasi mobile :

iOS

apple

Apple iOS multi-touch , sistem operasi multi – tasking yang dijalankan pada Apple iPhone , iPad , dan iPod. iOS mampu merespon sentuhan pengguna – yang dapat memungkinkan Anda untuk menekan pada layar untuk membuka program , mencubit jari-jari Anda secara bersama-sama untuk meminimalkan atau memperbesar gambar , atau menggesek jari Anda di layar untuk mengubah halaman .

Apple iOS tidak diperbolehkan untuk digunakan dalam sistem pihak ketiga , sehingga Anda hanya akan dapat menggunakannya pada produk buatan Apple yang juga muncul bersamaan dengan web browser Safari untuk penggunaan internet , aplikasi iPod untuk memainkan musik dan Mail Apple untuk mengelola email Anda .

Anda dapat men-download jutaan aplikasi saat ini yang tersedia di App Store langsung ke perangkat yang menjalankan iOS , baik itu iPhone atau iPad dan hal ini mencakup segala sesuatu mulai dari buku resep dan untuk tuitorials gitar untuk game .

Android

Android_Logo_04

Android OS dimiliki oleh Google dan didukung oleh kernel Linux, yang dapat ditemukan pada berbagai perangkat. Android adalah sistem operasi open source yang memungkinkan pengembang untuk mengakses hardware yang terkunci dan mengembangkan program-program baru yang mereka inginkan.Hal ini berarti akses tak terbatas untuk setiap orang yang ingin mengembangkan aplikasi untuk telepon dan tempat-tempat yang sangat sedikit pembatasan perizinan, sehingga pengguna mendapatkan keuntungan dari massa konten gratis.

Android saat ini menggunakan platform smartphone dominan karena traksi yang luar biasa dengan spektrum yang luas dari pengguna.Beberapa fitur terbaik dari Android mencakup kemampuan untuk menyesuaikan beberapa homescreens dengan widget yang berguna dan aplikasi yang cepat, akses mudah ke konten dan fungsi yang cukup baik.Android juga memiliki kemampuan yang sangat baik untuk multitasking – dengan kemampuan untuk menutup program dengan hanya menggesekkan ketika mereka akan pergi.

Last but not least, Android Market, merupakan Android yang setara dengan Apple App Store dimana ia adalah rumah bagi jutaan aplikasi,yang banyak diantaranya gratis dan bisa dipakai bagi pengguna Android.

Windows Phone

Windows_phone

Microsoft merilis versi terbaru dari platform Windows untuk ponsel pada akhir tahun 2010 lalu, setelah perangkat lunak jatuh di belakang iOS dan Android .Dengan mendesain ulang dan membangun kembali dari bawah ke atas dengan penekanan lebih besar pada pengalaman pengguna ,hasilnya adalah sebuah sistem operasi yang disebut Windows Phone .

Windows Phone dapat mudah dikenali dengan tampilan antarmuka berbasis “ubin” yang dijuluki Metro – yang menampilkan kotak dilepas dan dipertukarkan bagian atas layar awal , masing-masing dengan tujuan dan fungsi sendiri .

WP juga memiliki agregator yang disebut ‘ hub ‘ ,bahwa kelompok/Folder tersebut bersama-sama dari dari semua aplikasi foto, atau semua musik dalam satu perpustakaan ,yang berarti foto Facebook Anda dapat ditemukan dengan foto kamera Anda dan dokumen Anda dari sumber yang berbeda yang dikelompokkan bersama dalam satu , mudah untuk diakses dari berbagai  lokasi .

Windows Phone hadir dengan versi mobile –yang kini lebih  dioptimalkan dari Internet Explorer untuk mengakses web , dan Exchange, serta yang mendukung akun e – mail aman dengan push dukungan .

Sebenarnya masih ada beberapa OS yang belum sempat dijelaskan,namun dari semua itu,sistem Operasi mana yang lebih anda sukai dari semua hal yang telah dijelaskan di atas?

[yasr_visitor_votes size=”small”]



 

Comments