Apa itu Malware?dan Bagaimana Cara Mencegahnya?

Malware, merupakan kependekan dari perangkat lunak yang berbahaya, adalah software yang digunakan untuk mengganggu pada system operasi komputer, dimana malware ini mengumpulkan informasi yang cukup sensitive seperti password,tanggal lahir,data penting dan sebagainya. Cara kerja Malware ini yaitu mendapatkan akses ke sistem komputer pribadi, atau menampilkan iklan yang tidak diinginkan. Malware juga didefinisikan untuk  niat jahat, yang bertindak terhadap persyaratan pengguna komputer, dan tidak termasuk dalam perangkat lunak yang menyebabkan kerugian yang tidak disengaja karena beberapa kekurangan dalam sistem seperti The Badware. The badware adalah istilah yang kadang-kadang digunakan, dan diterapkan untuk kedua hal (yang berbahaya) seperti malware dan perangkat lunak yang tidak sengaja merupakan merupakan perangkat lunak yang berbahaya.




Sebuah Malware mungkin tersembunyi, yang dimaksudkan untuk mencuri informasi atau memata-matai pengguna komputer untuk jangka yang tidak ditentukan tanpa sepengetahuan mereka, seperti misalnya Regin, atau mungkin dirancang untuk menyebabkan kerusakan, seperti  sabotase (misalnya, Stuxnet), atau untuk memeras sebuah pembayaran elektronik( cryptolocker). ‘Malware’ merupakan istilah umum yang digunakan untuk merujuk kepada berbagai bentuk perangkat lunak yang bermusuhan atau mengganggu,  termasuk virus komputer, worm, trojan horses, ransomware, spyware, adware, scareware, dan program berbahaya lainnya. Hal ini dapat mengambil bentuk kode yang dieksekusi, script, konten aktif, dan perangkat lunak lainnya. Malware sering menyamar sebagai, atau tertanam dalam, file non-berbahaya. Seperti tahun 2011 mayoritas ancaman malware aktif seperti  worm atau trojan daripada virus.

 

Spyware atau malware lainnya kadang-kadang ditemukan atau tertanam dalam program yang disediakan secara resmi oleh perusahaan, misalnya,software yang  dapat diunduh dari situs web baik gratis atau yang berbayar, yang muncul seolah berguna atau menarik, tetapi mungkin memiliki maksud tersembunyi, misalnya, tersembunyi dalam fungsi pelacakan tambahan yang mengumpulkan statistik pemasaran. Contoh perangkat lunak tersebut, yang digambarkan sebagai tidak sah, adalah rootkit Sony, yang mempunyai Trojan yang tertanam  dalam CD yang dijual oleh Sony, dengan diam-diam diinstal dan tersembunyi itu sendiri pada komputer pembeli ‘dengan maksud untuk mencegah penyalinan secara ilegal; juga hal ini banyak dilaporkan oleh banyak pengguna, dan sengaja menciptakan kerentanan yang dimanfaatkan oleh malware yang tidak terkait.

Bisakah kita mencegah Malware ini?

Ketika komputer kita mulai lambat atau berperilaku dalam cara yang tidak biasa , kita sering cepat untuk mencurigai bahwa hal tersebut karena virus . Hal ini mungkin tidak virus , tetapi kemungkinan bahwa Anda memiliki semacam malware . Penjahat terburuk adalah program pembajak ,sebuah  malware yang mengambil alih browser Anda , atau lebih buruk lagi , komputer Anda . Anda  harus menghapus jenis program jahat dari komputer pribadi dan komputer kerja. Berikut adalah tips tentang cara untuk mencegah malware yang bisa menginfeksi komputer Anda , dan juga menjaga hardware Anda tetap aman .

  1.Instal Anti – Virus / Malware Software .

Tips ini mungkin hamper selalu anda temukan dalam banyak tips untuk menjaga komputer anda tetap aman. Walaupun begitu, saya telah melihat banyak komputer – komputer terutama rumah – yang tidak memiliki anti – virus / perlindungan malware . Perlindungan ini adalah sebuah keharusan untuk dimiliki bagi setiap pengguna komputer, karena hal ini adalah langkah pertama dalam menjaga komputer Anda dari virus. Anda bisa mendapatkannya secara gratis atau yang berbayardan banyak rekomendasi anti virus yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan anda.

   2.Selalu meng-Update Anti Virus Anda

 Memiliki perangkat lunak untuk perlindungan adalah langkah pertama, namun untuk mempertahankan anti virus dengan yang lebih baik merupakan langkah kedua. software gratis anti-virus lebih baik daripada tidak sama sekali, namun perlu diingat bahwa itu bukan solusi terbaik. Hal yang penting untuk Anti virus anda adalah selalu untuk meng-update anti virus dengan versi dan database yang terbaru, sehingga, software anti virus anda bisa menjadi lebih baik sebagai penangkal segala kemungkinan hal yang berbahaya bagi komputer anda.

  1. Jalankan Jadwal yang teratur dalam Memindai Software dengan Anti-Virus.

 Hal ini juga mungkin tampak seperti no-brainer atau mudah untuk dijalankan, tapi banyak dari kita lupa untuk melakukan hal ini. Mengatur perangkat lunak Anda dengan pilihan untuk menjalankan secara berkala. Sekali seminggu lebih disukai, tetapi anda tidak harus menunggu lebih lama lagi antara scan. Sulit untuk bekerja pada komputer Anda saat perangkat lunak anti-virus Anda sedang berjalan. Salah satu solusi adalah untuk menjalankan perangkat lunak anti virus di malam hari ketika Anda tidak menggunakan komputer Anda atau ketika komputer anda sedang tidak terpakai untuk segala kegiatan seperti jam istirahat.

  1. Update selalu Sistem Operasi Anda.

 Apakah Anda menjalankan Windows, Mac OS X, Linux, atau OS lain, jika iya,tetaplah sistem operasi anda  untuk selalu up to date. Pengembang OS selalu mengeluarkan patch keamanan dalam  memperbaiki dan bugs yang bisa mempunyai kebocoran keamanan. Patch ini akan membantu untuk menjaga sistem Anda aman. Demikian pula, menjaga software anti-virus Anda up to date. Virus dan malware diciptakan sepanjang waktu.

  1. Amankan Jaringan Anda.

Banyak dari komputer kita terhubung ke file-file, printer, atau Internet yang melalui koneksi Wi-Fi. Pastikan hal itu mempunyai  password untuk mengaksesnya dan mempunyai  password yang kuat. Gunakan enkripsi WPA atau WPA2. WEP tidak lagi cukup kuat karena dapat dilewati dalam hitungan menit oleh para ahli. Hal ini juga merupakan ide yang bagus untuk tidak menyiarkan SSID Anda (nama jaringan Wi-Fi Anda). Anda masih dapat mengaksesnya dengan perangkat Anda, Anda hanya harus mengetik secara manual SSID dan password. Jika Anda sering memiliki tamu yang menggunakan Internet Anda, memberikan SSID tamu yang menggunakan password yang berbeda, untuk menghindari segala kemungkinan yang berbahaya untuk komputer anda.

  1. Pikirkan Sebelum Anda meng-Klik sesuatu di Internet.

 Hindari situs yang menyediakan materi bajakan dan jangan membuka lampiran email dari seseorang atau perusahaan yang Anda tidak tahu. Jangan klik link dalam email yang tidak diminta. Selalu membawa lebih link (terutama satu dengan URL shortener) sebelum Anda mengklik Url tersebut untuk melihat di mana link tersebut benar-benar akan membawa  Anda pergi. Jika Anda harus men-download file dari internet, email, situs FTP, layanan file-sharing, dll, scan sebelum Anda menjalankannya. Sebuah perangkat lunak anti-virus akan melakukan itu secara otomatis, tapi pastikan hal itu bisa dilakukan.

Nah, itu saja mungkin beberapa hal yang penting dalam menjaga komputer anda dari malware yang berbahaya. Jika anda mempunyai langkah-langkah yang berbeda atau tambahan untuk melindungi komputer Anda dan data ? Silakan berbagi ide-ide Anda di bawah ini di bagian komentar.
[yasr_visitor_votes size=”small”]


Comments