Nvidia akan Meluncurkan Chip Kartu Grafis Terbaru Tahun Ini

Nvidia akan Meluncurkan Chip Kartu Grafis Terbaru Tahun Ini

NVIDIA dikabarkan akan meluncurkan GPU terbaru andalan mereka yang didasarkan pada arsitektur Pascal di paruh kedua tahun 2016 ini. Dalam laporan terbaru yang dipublikasikan oleh situs Korea , Digital Times, ( melalui HWbattle ) , dilaporkan bahwa NVIDIA akan memanfaatkan standar HBM2 untuk generasi berikutnya pada unggulan Pascal GPU yang menampilkan proses FinFET 16nm yang membidik pasar konsumen dan perusahaan .

Rumor ini muncul hanya sehari setelah Samsung mengumumkan bahwa perusahaan mereka telah memulai produksi massal pertama  mengenai 4 paket GB HBM2 DRAM mereka . Perusahaan ini akan bersaing dengan SK Hynix yang mengembangkan standar memori yang  bekerja sama dengan AMD . SK Hynix dikerahkan sebagai paket HBM pertama mereka pada kartu seri AMD Radeon R9 Fury yang kembali pada bulan Juli dalam mengadopsi desain paket yang revolusioner .

Tahun sebelumnya , SK Hynix belum memulai memproduksi secara massal dari HBM2 DRAM . SK Hynix saat ini mengincar jangka waktu produksi pada awal bulan Agustus 2016. Sementara, Samsung  yang memiliki 4 GB chip HBM2 di produksi massal lebih lanjut yang akan memperkuat pengembangan HBM2 mereka dengan memproduksi 8 GB paket HBM2 . Paket kapasitas tinggi ini secara khusus akan bertujuan sebagai Pascal GPU unggulan  yang akan menampilkan hingga 32 GB VRAM .

Dan karena itu pula, NVIDI saat ini dikabarkan bahwa mereka saat ini memiliki berbagai sampel GPU berdasarkan 16nm arsitektur Pascal mereka yang sedang diproduksi dan diuji secara internal . Lineup NVIDIA akan berkisar dari solusi berdasarkan paket GDDR5X dan HBM2 yang akan menunggu proses produksi sampai 2H 2016 tahun ini . Saat ini paket  GPU 4 GB HBM2 bisa naik ke 16 GB VRAM dengan 1 TB / s bandwidth. 8 GB paket HBM2 bisa naik ke 32 GB VRAM dengan 1 TB / s total bandwidth. NVIDIA sudah mengungkapkan bahwa GPU andalan mereka akan bertujuan sebagai HPC yang akan menggunakan 32 GB VRAM yang hanya mungkin dilakukan melalui paket DRAM yang mempunyai kapasitas lebih tinggi .



Chip Grafis GP100/200

Jantung superkomputer generasi berikutnya dan High-Performance Computing platform yang tanpa diragukan lagi adalah Pascal grafis GP100 / 200 chip . NVIDIA GP100 / 200 Chip akan menjadi GPU unggulan dari lineup mereka dan salah satu yang akan menentukan kinerja dan efisiensi dari arsitektur baru. Pascal GP100 / 200 telah lama menjadi perbincangan berbagai kalangan namun masih kita semua tidak memiliki rincian secara konklusif pada chip monolitik ini. Sebagai penerus GM200,Chip grafis  GPU GP100 / 200 Pascal akan dibangun dengan menggunakan proses node 16nm TSMC FinFET dan fitur sampai total 17 Miliar transistor dalam paket.

GPU ini akan mampu menangani banyak kinerja untuk gamer dan pengguna FP64 karena chip ini akan menyalakan beberapa mesin komputasi yang berorientasi serius dalam menuntut penghitungan presisi ganda. Sebagai  unggulan dari lineup, NVIDIA akan membuat GP100 / 200 GPU sebagai chip grafis pertama mereka yang  mendukung memori HBM2 sampai dengan bandwidth  1 TB / s dan 32 GB VRAM. Kita tahu bahwa Pascal memiliki kinerja presisi ganda  pada lebih dari 4 TFLOPS sementara kinerja presisi menghitung tunggal  yang dinilai pada lebih dari 10 TFLOPS.Hal iIni akan menjadi lompatan terbesar secara total mengenai kinerja kartu grafis yang tersedia dalam hal komputasi yang telah kita lihat pada kartu grafis apapun.

Dan ketika hal itu tiba, ada kemungkinan kuat bahwa konsumen tidak akan mendapatkan GP100 / 200 secara penuh ,dalam varian pertama . Alasannya adalah karena banyaknya permintaan yang tinggi dari pasar HPC dan karena mereka harus memperbarui kartu berbasis Kepler yang lebih tua sejak digunakan sebagai pilihan FP64 sebagai chip Maxwell yang melaju pada dukungan FP64 akan pergi.

Solusi  chip terbaru ini akan mengisi  kartu Tesla sebagai yang pertama kemudian diikuti oleh GeForce dan Quadro ,dimana yang  tanpa diragukan lagi ,Titan akan menjadi korban baru yang akan turun harga, dimana kartu grafis ini telah menjadi harga yang konsisten . Kartu dual-chip adalah hal yang sama sekali berbeda meskipun mirip dengan (Titan Z). Chip GP100 / 200 akan tersedia dalam berbagai paket baru seperti halnya papan kartu grafis biasa (Add-In) dan kartu Mezzanine yang baru yang akan menunjukkan kembali pada  GTC 2015. Seiring dengan dukungan NVLINK yang merupakan interkoneksi baru dengan NVIDIA dalam membangun chip ini,mereka juga akan bekerja sama dengan IBM dan mitra lainnya seperti CRAY, HP, DELL, TYAN, QCT dan Bull, dalam menawarkan kecepatan akses 80-200 GB / s antara beberapa node yang terintegrasi dalam platform HPC.

Fitur NVIDIA GP100 / GP200 :

  •  Based on Pascal GPU Architecture.
  •  2x Performance per watt of Maxwell.
  •  Will support DirectX 12 feature level 12_1 and higher.
  •  Successor to the GM200 GPU found in the GTX Titan X and GTX 980 Ti.
  •  Built on the 16nm FinFET manufacturing process from TSMC.
  •  Allegedly has a total of 17 billion transistors, more than twice that of GM200.
  •  Will feature four 4-Hi HBM2 stacks, for a total of 16GB of VRAM and 32GB
  •  Features a 4096-bit memory bus interface.
  •  Features NVLink and support for Mixed Precision FP16 compute tasks at twice the rate of FP32 and full FP64 support.

Sedangkan AMD saat ini sedang menguji arsitektur GPU untuk generasi berikutnya dengan nama kode Pascal dan Polaris yang akan memberikan poles akhir untuk GPU generasi berikutnya, kedua perusahaan tersebut berharap untuk melihat kinerja , efisiensi dan keuntungan besar dari proses FinFET terbaru. NVIDIA kemungkinan besar akan memiliki informasi lebih rinci tentang kemajuan Pascal GPU mereka di GTC 2016 pada bulan April di mana mereka akan menampilkan berbagai GPU untuk pasar konsumen GTX. AMD di sisi lain telah menyatakan bahwa mereka akan meluncurkan Polaris untuk dekstop dan mobilitas platform pada pertengahan 2016 yang menandai musim panas tahun ini. Kedua vendor tersebut juga akan kembali bersaing dengan sengit mengenai produk terbaru mereja. Kita lihat saja nanti.

 

Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com