Benarkah RAM Yang Berbeda Kecepatan Bisa Dipakai Pada Komputer Anda?

Banyak orang bertanya mengenai  tentang RAM mulai dari kecepatan yang berbeda ,mampukah satu atau dua  RAM  kompatibel jika dipasang dengan merek dan model komputer tertentu. Saya pikir itu akan menjadi ide yang baik untuk menulis tutorial kecil dalam menjelaskan bagaimana kecepatan RAM yang berbeda bekerja, mungkin hal ini akan membantu anda untuk mengetahui dengan lebih jelas mengenai hal tersebut .




Sebelum kita berbicara tentang kecepatan RAM saya ingin berbicara tentang sesuatu yang lain sehingga saya bisa menggunakannya sebagai analogi awal ketika kita berbicara tentang kecepatan. Anda mungkin telah memperhatikan bahwa kapasitas RAM dan hard drive Anda tidak persis seperti apa yang mereka iklankan baik di situs atau sebuah poster. Sebagai contoh, Anda mungkin telah membeli RAM 1GB  dan melihatnya actual di komputer anda muncul 923MB. Bisnis memori memungkinkan margin 10% dari kesalahan.

Sebuah modul RAM 1GB sebenarnya memiliki ruang untuk 8589934592 bit informasi – yang mempunyai 8 Miliar alamat memori. Seperti yang dapat Anda bayangkan,hal  itu akan sangat sulit untuk mendapatkan skor 100% pada ujian dengan 8 Miliar pertanyaan. Mereka membiarkan diri mereka untuk mendapatkan 90%, atau kelas A jika Anda berada pada sebuah  sistem sekolah. Jika modul ini mempunyai  margin 10% dari kesalahan , hal itu akan dianggap cukup baik untuk dijual.

Sekarang mari kita beralih untuk percakapan mengenai kecepatan. Demikian juga, tidak semua modul bagi setiap RAM dapat berjalan pada kecepatan penuh yang dapat mereka bangun untuk berjalan pada titik maksimal. Ada empat kelompok utama dari teknologi RAM: SDRAM, DDR1, DDR2, dan DDR3. Namun Ada beberapa teknologi terbaru yaitu DDR4, tapi kita tidak perlu pergi ke mereka demi tutorial ini. Masing-masing dari empat kelompok yang saya sebutkan yang dipecah menjadi kecepatan dalam beberapa kemungkinan:

  • SDRAM – 66Mhz, 100MHz, 133MHz
  • DDR1 – 266MHz, 333MHz, 400Mhz
  • DDR2 – 400Mhz, 533MHz, 677Mhz, 800Mhz
  • DDR3 – 400Mhz, 533MHz, 677Mhz, 800Mhz, 933Mhz, 1066MHz

Pada setiap modul RAM adalah chip kecil yang mampu berkomunikasi dengan komputer Anda. Setiap modul dibangun dengan harapan itu bisa mencapai kecepatan maksimum pada setiap  grupnya, dan setelah dibangun ,mereka akan pergi melalui tes Quality Assurance. Bahwa chip sangat sedikit diprogram untuk merespon dengan informasi berdasarkan seberapa tinggi modul dalam mencetak gol pada tes QA, sehingga jika chip memory akan berjalan di 800Mhz tetapi memiliki banyak kesalahan, tetapi mampu berjalan pada kecepatan  677Mhz tanpa kesalahan, chip memori  itu akan diprogram untuk menjawab, “Aku mampu berjalan pada  677Mhz. “

Ada beberapa hal yang bagus tentang pengaturan RAM ini. Pertama, hal yang mengatakan bahwa produsen membangun 5.000 modul DDR1 dan 1.000 dari mereka ditandai dengan kecepatan 266MHz dan 1.000 ditandai dengan kecepatan 333MHz. Jika produsen mendapat pesanan untuk 2.000 modul 266MHz mereka tidak harus membangun 1.000 modul lebih, mereka hanya mengambil 1.000 modul dari yang lain dan memprogram ulang chip kecil untuk menanggapi chip 266MHz, diberi label 266MHz.




Lain halnya  yang cukup  menyenangkan adalah bahwa jika Anda sedang membangun sebuah komputer dan Anda tahu apa yang baru saja dijelaskan maka Anda bisa mengetahui  bahwa Anda tidak harus terbatas pada satu kecepatan RAM tertentu. Jika PC Anda menggunakan RAM DDR1 mungkin bisa menggunakan ketiga kecepatan DDR1 tersebut. Hal Itu akan cukup berguna jika Anda punya RAM lainnya yang berdampingan dengan RAM anda .

Tapi ada beberapa pertimbangan yang dapat mempengaruhi ini. Produsen komputer telah merencanakannya  terlebih dahulu. Sebelum komputer tunggal dibangun untuk dirancang bisa menjalankan modul RAM DDR3 ,produsen komputer dan produsen RAM duduk bersama dan merencanakan  semuanya. Intel dan AMD mungkin tidak memiliki prosesor yang mampu menggunakan kecepatan RAM yang lebih cepat ,atau produsen motherboard tidak mungkin telah membangun motherboard yang mampu menangani RAM lebih cepat sebelumnya.

Tapi mereka tahu bahwa mereka akan memiliki orang-orang yang bisa merancang dan memproduksi  tahun depan. Jadi dalam sebuah waktu yang sangat berarti ,mereka hanya perlu mencari cara untuk membangun motherboard dan CPU agar bisa berbicara satu sama lain dan setuju pada kecepatan apa yang akan mereka akan jalankan  sehingga mereka dapat menggunakan modul RAM yang lebih lambat dan yang lebih cepat.

Jadi jika Anda sedang mempunyai  sebuah komputer yang sudah memiliki CPU dan / atau motherboard yang hanya dapat menjalankan kecepatan  pada 333MHz tapi Anda masukkan RAM yang mampu berjalan pada 400MHz. Motherboard itu seolah-olah akan akan meminta pada RAM “kecepatan Apa yang kamu miliki ?” RAM itu menjawab, “Aku 400Mhz.” Motherboard itu mengatakan, “Oke, tapi kita hanya akan berjalan pada 333MHz, dan Anda harus memperlambat dan berjalan sesuai dengan  kecepatan yang kami miliki “, dan Kebalikannya dari hal tersebut juga benar. Sebuah Motherboard yang mungkin mempunyai kecepatan 333MHz dan Anda masukkan RAM 266MHz. Maka motherboard dan CPU tersebut akan memperlambat kecepatannya . dan  berjalan pada 266MHz.

Ada beberapa komputer yang  sudah benar-benar tua dimana  orang-orang yang telah menggunakan SDRAM – yang dibangun secara berbeda. Satu-satunya hal yang dapat saya pikirkan adalah bahwa produsen komputer tidak merencanakan hal-hal tersebut untuk keluar begitu saja, karena beberapa dari komputer lama mereka tidak akan menerima modul yang mempunyai kecepatan yang berbeda dari motherboard. PC Mereka tampaknya dirancang untuk menanyakan apa kecepatan RAM dan jika mereka tidak menjawab dengan benar,  motherboard akan berhenti dan melaporkan kesalahan. Saya kira mereka menyadari kemudian mereka bisa memprogram mereka untuk melakukan apa yang saya jelaskan di atas. Tapi saya tidak pernah mengalami masalah ini dengan komputer yang menggunakan salah satu jenis dari DDR RAM.

Jika spesifikasi komputer Anda mengatakan bahwa komputer anda  bisa menangani memori 2GB dan mainboard Anda memiliki slot ekspansi 2 – kemungkinan komputer Anda tidak dapat menggunakan modul 2GB. Ia  mungkin hanya akan mengenali 1GB di setiap slot ekspansi, dan Anda harus membeli dua modul 1GB untuk mencapai 2GB pada komputer Anda . Ada beberapa komputer yang akan menerima semuanya dalam satu slot ekspansi, namun mayoritas dari mereka meminta Anda untuk menggunakan kedua slot tersebut.

Baca juga :

Loading…

Comments