Pilih Email Yang Mana?Yahoo,Google,Outlook,Atau AOL?

Jika Anda bosan dengan layanan email yang sudah ada, atau Anda ingin beralih dari alamat email yang lebih umum, ada sejumlah pilihan email bebas untuk anda tentukan. Gmail telah memimpin diantara para pengguna internet  selama bertahun-tahun, tetapi pesaingnya  seperti Yahoo Mail, Outlook.com (sebelumnya Hotmail) dan AOL Mail telah merubah  desain dan fitur mereka dalam upaya untuk menarik pengguna baru yang menawarkan pengalaman terbaik. Nah, disini kami akan melihat bagaimana fitur-fitur yang terbaru diantara mereka dan mengenai fungsinya.

Interface
Keempat layanan surat elektronik berbagi template dasar yang sama, dengan daftar email panel di pusat dan folder di sebelah kiri. Pilihan akun dan pengaturan yang terletak di sudut kanan atas. Di Gmail dan Yahoo Mail, bar pencarian ditampilkan secara mencolok di bagian atas halaman, sementara bar kecil dapat ditemukan di sudut kiri atas di Outlook.com dan AOL Mail (AOL Mail memiliki bar yang lebih besar di bagian atas, tapi ini pencarian Web, tidak email Anda).

Yahoo_Mail_Inbox

Berbeda dengan tampilan Yahoo Mail yang sangat bersih , dengan desain bebas bisa kita pilih. Folder di sebelah kiri – Kotak masuk, Konsep , Pesan Terkirim , Spam dan Sampah – diberi label dengan jelas , dan folder tambahan dapat ditemukan dalam menu drop-down . Tepat di atas folder adalah tombol Compose , yang menggantikan daftar email panel dengan email kosong saat diklik . Di atas tab memungkinkan Anda melihat Mail, Kontak , Kalender , Notepad dan Yahoo Messenger . Ikon ini membuat jelas ketika  Anda mengklik tab  .

gmail_inbox_final

Desain Gmail sedikit kurang intuitif sepertil Label email umum (berbeda dari folder) Inbox, Sent Mail dan Konsep yang ditampilkan di sebelah kiri, tapi label lain seperti Spam dan Sampah diakses melalui menu drop-down yang tersembunyi di balik Hangouts panel, yang memiliki ruang yang sama di sisi kiri layar sebagai label.

Sayangnya, Google tidak memasukan  indikator visual atau tekstual yang menjelaskan bagaimana hal ini bekerja, yang dapat membuatnya sebagai hal yang  membingungkan untuk pengguna baru. Selanjutnya, meskipun Anda dapat menghapus Hangouts panel dengan mengklik obrolan kecil ikon di bagian kiri bawah layar, ikon ini mudah untuk hilang jika Anda tidak tahu cara untuk mencarinya.

Mengakses kontak Anda di Gmail titik lain kebingungan – untuk melakukannya Anda harus mengklik pada menu drop-down tepat di atas tombol Compose berlabel “Gmail” dan kemudian pilih Kontak. Seperti dengan Hangouts panel, Gmail tidak memiliki apapun indikator (di luar menu Help) yang menjelaskan fungsi ini.

outlook_inbox_final

Berbeda dengan fitur Outlook.com interface yang terkesan minimalis dan menyimpang dari Yahoo Mail dan Gmail dalam beberapa hal penting . Tombol Compose ( berlabel ” New ” dengan simbol plus) terletak di atas daftar email panel daripada di atas folder , dan membuat pesan menyebabkan di folder sebelah kiri menghilang sepenuhnya .

aol_mail_inbox_final

Interface  di AOL Mail terasa seolah-olah berantakan dibandingkan dengan yang lain . Di atas folder email panel adalah tombol yang berlabel Email , IM , teks dan tombol Periksa . Tombol pertama ini agak membingungkan label , karena sebenarnya berfungsi sebagai tombol compose . Tombol-tombol lain memungkinkan Anda mengirim pesan instan atau pesan teks melalui jendela popup di bagian bawah kanan layar , atau refresh inbox Anda . Klaster lain dari tombol terletak di bawah folder email panel ; panel ini terpisah dan terbuka untuk AOL Instant Messenger , Kontak Cepat dan sebagainya.

Pengaturan

Gmail menyediakan satu set alat yang kuat untuk menjaga kotak masuk Anda secara terorganisir. Anda dapat mengkategorikan email Anda dengan menggunakan label, yang secara fungsional mirip dengan folder (dengan beberapa perbedaan utama). Label yang ada juga termasuk label dengan tanda bintang, Penting, Sent Mail dan Konsep, meskipun Anda dapat membuat banyak label baru sesuai dengan anda inginkan.

Outlook.com menggunakan pendekatan hybrid, menyediakan kedua label (disebut sebagai kategori di Outlook) dan folder email. Daftar label default cukup luas ,termasuk mengenai Pembaruan Sosial, Dokumen dan Foto, dan Anda dapat membuat kategori baru juga. Outlook juga menawarkan kemampuan untuk mengarsipkan pesan; mengklik tombol pesan Arsip bergerak yang bisa dipilih dari kotak masuk ke sebuah folder bernama “Archive.”

Dibandingkan dengan Gmail dan Outlook, Yahoo Mail dan AOL Mail menawarkan alat organisasi yang cukup sederhana. Alih-alih menggunakan label, kedua layanan ini memungkinkan Anda untuk menyortir pesan ke dalam folder seperti Konsep, MailTerkirim , Spam dan Sampah. Anda juga dapat membuat folder Anda sendiri, atau menandai email dengan bendera atau bintang. Kerugian dari folder dibandingkan dengan label, bagaimanapun juga , adalah bahwa pesan bergerak ke folder akan menghapusnya dari kotak masuk Anda; dan dengan label, email dapat dikategorikan dalam inbox itu sendiri.

Dan semua empat layanan email ini memungkinkan Anda untuk menyortir pesan berdasarkan tanggal , pengirim , membaca / Status yang belum dibaca dan kriteria lainnya . Setiap layanan juga menyediakan filter email , dengan berbagai tingkat kompleksitas . Filter Outlook cukup dasar , karena hanya memungkinkan Anda untuk menyaring menurut pengirim

Penyimpanan

Gmail menawarkan 15GB penyimpanan secara gratis , dan  terdengar seperti lebih dari cukup untuk ruang untuk menyimpan semua email Anda tanpa harus menghapus pesan . Namun, penyimpanan ini dibagi dengan Google Drive dan Google Plus – yang berarti bahwa jika Anda menyimpan file besar ke Google Drive atau meng-upload banyak gambar dan video ke jaringan sosial Google , Anda mungkin cepat kehabisan ruang didi kotak masuk Anda . Jika Anda membutuhkan kapasitas ekstra , Google menawarkan penyimpanan bulanan yang sedang berjalan dari 100GB yang seharga $ 2 per bulan dan 30TB sebesar $ 300 per bulan .

Yahoo Mail  menawarkan 1TB sebagai  penyimpanan gratis . Untuk mendapatkan kapasitas penyimpanan yang sama di Google , Anda akan harus membayar $ 10 per bulan . Tidak seperti Gmail , Yahoo Mail tidak menawarkan rencana penyimpanan bulanan dengan kapasitas yang diperluas – meskipun kita ragu Anda akan membutuhkan ruang tambahan .

Sedangkan Microsoft mengklaim bahwa kapasitas penyimpanan sudah meningkat pada layanan Outlook sebagai kebutuhan ,Outlook.com menyediakan maksimal 5GB penyimpanan gratis atau 10GB jika Anda membayar untuk iklan – gratis Outlook.com . Kapasitas awal sebenarnya kurang dari 5GB dan tumbuh sebagai kotak masuk , sampai Anda menekan hingga batas 5GB .

Microsoft mendorong pengguna untuk menyimpan lampiran besar di onedrive ; Anda dapat membeli 100GB dan 200GB penyimpanan tambahan sebesar $ 2 per bulan dan $ 4 per bulan , masing-masing.

Sementara AOL Mail juga mengklaim bahwa ia menyediakan penyimpanan fasilitas gratis dan unlimited , namun pada kenyataannya terbatas . Inbox dari mail ini dapat menahan 1.000 pesan baru , 4.000 pesan lama dan 4.000 pesan yang dikirim per nama setiap layar . Dengan batas ukuran file 25MB untuk lampiran , ini berarti bahwa AOL Mail menawarkan sekitar 25GB penyimpanan untuk pesan baru , 100GB untuk pesan lama dan 100GB untuk pesan yang dikirim . Anda dapat meminta ruang tambahan , tetapi tidak jelas berapa banyak penyimpanan ekstra AOL Mail dalam mengalokasikan .

[yasr_visitor_votes size=”small”]
Comments