Freeware Inkscape dengan Fungsi Yang Sama Seperti Corel

Anda mencari free software tapi mempunyai kegunaaan mirip seperti Corel draw, cobalah Inkscape. Inkscape adalah editor grafis vektor Sumber Terbuka , dengan kemampuan serupa dengan Adobe Illustrator , CorelDraw , atau Xara X , dengan menggunakan standar Scalable Vector Graphics ( SVG ) format file W3C . Inkscape adalah  open-source gratis mengenai editor grafis vektor; dapat digunakan untuk membuat atau mengedit grafis vektor seperti ilustrasi, diagram, seni garis, grafik, logo dan lukisan yang kompleks. Format grafis vektor utama dari Inkscape adalah Scalable Vector Graphics (SVG) versi 1.1. Inkscape dapat mengimpor dan ekspor beberapa format dan semua editing mengenai alur kerja pasti terjadi dalam keterbatasan format SVG. Inkscape dapat membuat bentuk vektor yang primitif (misalnya persegi panjang, elips, poligon, busur, spiral, bintang dan kotak isometrik), teks dan daerah yang mengandung grafis raster. Mendukung gambar tracing yang memungkinkan editor untuk membuat grafis vektor dari foto dan sumber raster lainnya. Bentuk yang dibuat juga dapat dikenakan transformasi lebih lanjut, seperti bergerak, berputar, scaling dan skewing. Benda-benda ini dapat diisi dengan warna solid atau gradien warna. Pada 2015, Inkscape tidak mendukung animasi SVG atau Cascading Style Sheet (CSS) penuh dalam spesifikasinya.

Inkscape dimulai pada tahun 2003 sebagai bagian dari proyek Sodipodi yang dikembangkan sejak tahun 1999, proyek itu sendiri didasarkan pada Raph Levien ini Gill (Gnome Illustration Application). Kata Inkscape itu sendiri adalah senyawa dari kata-kata tinta dan scape, plesetan nama web browser Netscape.

Awal mulanya, proyek ini dipimpin oleh tim dari empat mantan pengembang Sodipodi (Ted Gould, Bryce Harrington, Nathan Hurst, dan MenTaLguY) yang mengidentifikasi perbedaan mengenai  tujuan proyek, keterbukaan terhadap kontribusi pihak ketiga, dan perbedaan pendapat teknis sebagai alasan mereka untuk forking. Dengan Inkscape, mereka mengatakan mereka akan fokus pengembangan pada penerapan standar SVG lengkap, sedangkan pengembangan Sodipodi menekankan dalam hal menciptakan editor grafis vektor untuk keperluan umum, yaitu dengan cara mengorbankan SVG.

Sejak protek ini dimulai, pengembang baru dari Inkscape banyak perubahan,mereka menulis ulang dari kode C ke C ++; mengadopsi GTK + toolkit C ++ binding (gtkmm); mendesain ulang pengguna antarmuka (user interface), dan menambahkan sejumlah fitur baru. Khususnya, untuk implementasi dari standar SVG, meskipun tidak lengkap, tetapi telah menunjukkan perbaikan secara bertahap. Sejak tahun 2005, Inkscape telah berpartisipasi dalam Google Summer of Code Program.

Setiap objek dalam gambar dapat anda ubah dengan bebas dengan  transformasi affine: bergerak, berputar, scaling, skewing dan matriks yang bisa dikonfigurasi. Sisi Parameter transformasi juga dapat anda  tentukan secara numerik dalam Transform dialog. Transformasi dapat ditarik ke sudut, grid, pedoman dan node dari objek lain. Grid, panduan dan sifat gertakan didefinisikan pada basis per-dokumen. Sebagai alternatif , sebuah Align dan Distribute dialog juga disediakan, yang dapat melakukan tugas-tugas penyelarasan umum pada objek yang dipilih: misalnya garis mereka dalam arah tertentu, ruang yang  sama/beda , menyerakkan mereka secara acak dan menghapus tumpang tindih antara objek.

svg2
Inkscape memiliki alat yang komprehensif dalam mengatur dan  mengedit sebuah proyek/tugas, karena mereka terdiri dari elemen dasar dari sebuah file vektor. Alat Node memungkinkan anda untuk mengedit jalur tunggal atau ganda , pada tingkat node tunggal atau beberapa anda dapat mengedit posisi node dan titik kontrol jalur Bezier atau kurva Spiro. Segmen jalan juga dapat disesuaikan dengan menyeret(drag) mereka. Ketika beberapa node anda  pilih, mereka dapat dipindahkan, disesuaikan skalanya dan diputar dengan menggunakan shortcut keyboard atau control mouse . Node tambahan ini dapat dimasukkan ke jalur di penempatan dengan bebas dan efek tersebut dapat digunakan untuk memasukkan node pada interval yang telah ditetapkan. Ketika node dihapus, pegangan pada yang tersisa dapat disesuaikan untuk melestarikan bentuk asli semirip mungkin. Alat Tweak juga disediakan untuk editing yang high-level, daerah seluruh objek  atau simpul editing (bagian) dari sebuah objek. Hal ini dapat mendorong, mengusir / menarik, mengacak posisi, mengecilkan / memperbesar, memutar, copy / menghapus seluruh objek yang dipilih. Dari seluruh  bagian ini,  Anda bisa mendorong, mengecilkan / memperbesar, mengusir / menarik, kasar permukaannya tepi, membuat blur dan memilih warna. saat menggunakan alat ini ,node secara dinamis dapat dibuat dan dihapus bila diperlukan , sehingga anda juga dapat menggunakan pada jalur sederhana tanpa pra-pengolahan.

Inkscape mendukung banyak fitur canggih seperti SVG ( spidol , klon , alpha blending , dll ) dan sangat cocok dalam merancang streamline antarmuka . Hal ini sangat mudah untuk mengedit node , melakukan operasi jalan kompleks , trace bitmap dan banyak lagi . Inkscape  juga bertujuan untuk menjaga pengguna dan komunitas pengembang untuk selalu maju dalam menggunakan open source , dan juga berorientasi  pada pengembangan masyarakat .

[yasr_visitor_votes size=”small”]
Comments