Windows 10 : Teknologi Yang Anda Impikan Selama Ini Kini Hadir Di Depan Anda

Windows 10 adalah sistem operasi komputer yang dirilis oleh Microsoft yang merupakan  bagian dari sistem operasi keluarga Windows NT . Sistem ini resmi diluncurkan pada bulan  September 2014 setelah demo singkat di Build 2014. Versi pertama dari sistem operasi ini memasuki proses tahap pengujian beta kepada publik pada bulan Oktober 2014, dan menjelang rilis resmi kepada konsumen pada tanggal 29 Juli , 2015,  dan rilis volume lisensi pada tanggal 1 Agustus 2015. Untuk mendorong adopsi Windows 10 , Microsoft mengumumkan bahwa selama tahun pertama dari ketersediaan , sistem operasi akan tersedia secara gratis kepada pengguna salinan asli edisi berhak Windows 7 atau Windows 8.1 .





Windows 10 memperkenalkan apa yang Microsoft gambarkan sebagai arsitektur aplikasi yang “universal” ; yang memperluas aplikasi bergaya Metro , aplikasi ini dapat dirancang untuk menjalankan pada beberapa keluarga produk Microsoft dengan kode seperti, tablet, smartphone, embedded system, Xbox One, Surface Hub dan HoloLens. User Interface  Windows direvisi untuk menangani transisi antara mouse oriented interface dan interface dengan mode touchscreen yang dioptimalkan berdasarkan input yang tersedia perangkat, terutama pada 2-in-1 PC. Kedua interface tersebut  mencakup menu Start  yang telah diperbarui yang memadukan unsur-unsur dari menu Start tradisional Windows 7 dengan Windows 8.  Rilis pertama dari Windows 10 ini juga memperkenalkan sistem desktop virtual, fitur jendela dan desktop manajemen yang disebut Task View, web Microsoft edge  Browser, yang memberikan dukungan login dengan menggunakan  sidik jari dan pengenalan wajah , fitur keamanan baru untuk lingkungan perusahaan, DirectX 12 dan WDDM 2.0 untuk meningkatkan kemampuan grafis sistem operasi untuk untuk memainkan game.

Windows 10 menyelaraskan antara  pengalaman pengguna dan fungsi kelas yang berbeda dari setiap  perangkat, dan mengisi kekurangan dalam pengguna an user interface yang diperkenalkan di Windows 8.  

Ekosistem aplikasi Windows Runtime direvisi ke Universal platform Windows (UWP). Aplikasi yang universal ini dibuat untuk berjalan di berbagai platform dan perangkat kelas, termasuk smartphone, tablet, Xbox One konsol, dan lainnya yang cocok/compatible  memakai perangkat Windows 10 . Aplikasi Windows share  code yang ada di seluruh platform, memiliki desain responsif yang beradaptasi dengan kebutuhan perangkat dan input yang tersedia,dan  dapat menyinkronkan data antara  perangkat Windows 10 . Pengembang dapat memungkinkan “Cross buy”, di mana sebuah lisensi dapat dibeli untuk aplikasi yang berlaku untuk semua perangkat yang kompatibel bagi pengguna.(pengguna membeli aplikasi di PC juga berhak menggunakan versi smartphone tanpa biaya tambahan)

Tampilan  baru dari menu WIN13_HP_NokiaPhone_01Start yang digunakan pada Windows 10 desktop yaitu pada daftar tempat dan pilihan lain di sisi kiri , dan icon yang mewakili aplikasi di sebelah kanan . Menu dapat diubah ukurannya , dan dapat diperluas menjadi tampilan layar penuh , yang merupakan pilihan default dalam modus Tablet . Sebuah sistem virtual desktop baru juga telah ditambahkan . Fitur yang dikenal sebagai Look  Task menampilkan semua jendela yang terbuka dan memungkinkan pengguna untuk beralih  antara mereka , atau beralih antara beberapa ruang kerja.

Windows 10 menggabungkan multi- faktor teknologi otentikasi berdasarkan standar yang dikembangkan oleh Fido Alliance yaitu sebuah Sistem operasi yang termasuk meningkatkan dukungan untuk otentikasi biometrik melalui jendela Halo dan platform Passport .  Perangkat dengan mendukung kamera ( membutuhkan pencahayaan inframerah , seperti Intel RealSense ) memungkinkan pengguna untuk login dengan wajah  mirip dengan Kinect . Perangkat dengan pendukung pembaca sidik jari juga mendukung pengenalan login. Kredensial yang disimpan secara lokal dan dilindungi dengan menggunakan enkripsi asimetris . Platform Paspor memungkinkan jaringan , software dan website untuk mengotentikasi pengguna baik yang menggunakan PIN atau biometrik masuk untuk memverifikasi identitas mereka , tanpa harus mengirim password .

Windows 10 memperkenalkan web browser baru yaitu  Microsoft Edge. Fitur baru ini memakai rendering  mesin yang sesuai standar bercabang dari Trident, alat anotasi, dan menawarkan integrasi dengan platform Microsoft lain yang hadir dalam Windows 10. Internet Explorer 11 masih tetap dipertahankan pada Windows 10 untuk tujuan kompatibilitas, tetapi kurang dalam mendukung Edge dan tidak akan lagi aktif untuk dikembangkan.

Tampilan Microsoft Edge

Windows 10 menggabungkan asisten pribadi smart Microsoft , Cortana, yang pertama kali diperkenalkan pada  Windows Phone 8.1 di tahun 2014. Cortana tertanam dalam fitur pencarian Windows, mendukung teks dan input suara. Banyak fitur-fiturnya adalah akumulasi langsung dari Windows Phone, termasuk integrasi dengan Bing, pengaturan pengingat, fitur Notebook untuk mengelola informasi pribadi, serta mencari file, memutar musik, meluncurkan aplikasi dan pengaturan pengingat atau mengirim email. Cortana diimplementasikan sebagai kotak pencarian universal yang terletak di samping Start dan Task View tombol, yang dapat disembunyikan .

Windows 10 tersedia dalam empat edisi utama, versi Home dan versi Pro yang dijual di ritel di sebagian besar negara, dan sebagai pre-loaded software pada komputer baru. Versi Home ditujukan untuk pengguna rumah, sementara Pro ditujukan untuk usaha kecil atau perusahaan. Setiap edisi Windows 10 mencakup semua kemampuan dan fitur dari edisi sebelumnya, dan menambahkan fitur tambahan  yang berorientasi pada segmen pasar ; misalnya, Pro menambahkan jaringan dan fitur keamanan tambahan seperti BitLocker, Perangkat Guard, Windows Update untuk Bisnis, dan kemampuan untuk bergabung dengan domain.

Persyaratan umum bagi hardware  untuk menginstal Windows 10 adalah sama seperti untuk Windows 8.1 dan Windows 8 ,  hanya sedikit lebih tinggi daripada Windows 7. komputer 64 -bit harus memiliki CPU yang mendukung instruksi CPU tertentu agar berfungsi . Perangkat dengan penyimpanan kapasitas rendah harus menyediakan USB flash drive atau kartu SD dengan penyimpanan yang cukup untuk file sementara selama upgrade.

Spesifikasi Hardware minimum untuk Windows 10

Untitled
Sumber Wikipedia



Comments