Benarkah Metode”Memanggang”  Kartu Grafis Bisa memperbaiki Hardware Video anda?

Kartu video merupakan komponen penting dalam sebuah komputer, baik itu komputer desktop, Laptop maupun built-up.  Sebuah tampilan gambar pada layar monitor juga menunjukan bagaimana kartu grafis bekerja, baik ketika anda memainkan sebuah game, menjalankan aplikasi , ataupun hal lainnya. Kartu grafis kadangkala mempunyai batas umur, misal setelah 5 tahun berlalu, saatnya anda mengganti kartu grafis tersebut dengan yang baru, karena selain sudah tidak kuat lagi menjalankan aplikasi yang baru, juga software update yang dimiliki sudah tidak lagi mendukung untuk game-game terbaru. Namun, banyak orang yang mengalami masalah ketika kartu grafis mereka yang masih baru dan masih layak pakai ternyata mengalami kerusakan, baik software maupun hardware. Biasanya hal tersebut terjadi akibat penggunaan yang tidak tepat, atau power supply yang tidak mendukung .




Bagaimana anda mengatasi masalah jika kartu video anda mengalami kerusakan?

Umumnya, rata-rata orang yang mengalami kendala tersebut adalah membawanya ke tempat servis atau membeli hardware yang baru. Karena, rata-rata pengguna komputer yang masih awam dalam pengetahuan hardware tidak berani mengambil resiko untuk membetulkan hardware yang rusak oleh mereka sendiri. Sebenarnya ada banyak cara untuk kita dalam mengetahui atau menilai jika hardware tersebut benar-benar rusak sebelum membeli hardware yang baru.

shot0000

Jika anda mengalami  tampilan grafis yang buram, atau kartu grafis tersebut sudah mati atau juga anda mempunyai kartu grafis dari pemberian teman, padahal ketika diteliti bentuknya, tidak ada kerusakan, namun setelah dipakai ternyata tidak ada tampilan gambar? dan ternyata setelah diteliti lebih jauh bahwa penyebab utamanya  ada pada chipset kartu grafis anda. ada metode yang cukup unik dan sebenarnya bisa dilakukan oleh hampir setiap orang, yaitu metode “memanggang” kartu grafis pada oven.

 

Benarkah Demikian?

Sebelum melakukan  percobaan, ada baiknya anda browsing atau tanyakan pada ahli service komputer untuk mengetahui kebenaran yang terlegitimasi oleh para banyak ahli, walaupun resikonya adalah kartu grafis yang sudah rusak mengalami kerusakan lebih lanjut.

*Catatan : Jangan gunakan metode ini pada kartu grafis yang masih bagus

Konsep di balik metode ini adalah sederhana: Reflow solder.

IC  Komersial pada papan sirkuit listrik yang terbuat dari SMT IC (Surface Mount Technology)  ini yang disolder pada papan dengan menempatkan lapisan solder di papan, menempatkan ic dan kemudian melewati seluruh hal melalui Oven atau blower udara panas.

Seiring waktu, kontak listrik ini dapat mengembangkan “Fraktur garis rambut atau retak” yang tidak terlihat dengan mata telanjang. Jika ada celah seperti garis listrik terputus atau pin chip, maka kesalahan terjadi, tergantung pada tempat / chip di papan.

Kartu grafis, dan Motherboard Laptop sangat rentan terhadap hal ini, karena tekanan yang mereka ambil, dan  hal ini dapat terjadi pada setiap item kelistrikan.

Dengan “memanggang” kartu dalam oven, semua yang  dilakukan adalah untuk remelt /melelehlakan lapisan solder yang tidak terlihat, dengan harapan bahwa secara otomatis akan reflow dan memperbaiki sambungan.

Bagaimana caranya ?

Hal yang pertama yang anda lakukan adalah mencopot semua bagian yang tersambung dalam kartu grafis anda, seperti kipas, lapisan pendingin, hingga yang tersisa bagian vga yang memperlihatkan hanya chipset dari kartu grafis anda. kemudian bersihkan semuanya dari kotoran debu.

toolsused

 

Lalu, siapkan sebuah nampan yang dilapisi alumunium foil hingga menutupi semua lapisan nampan . kemudian letakan kartu grafis anda dinampan tersebut, kemudian “panggang” di oven pada suhu 200® sekitar 8 sd 14 menit.

Tempatkan beberapa bola dari timah di atas nampan dan kartu grafis anda  sehingga kartu tersebut tidak menyentuh nampan . Pastikan untuk menempatkan kartu chipset berada terbalik ,(posisinya ke bawah).

BakingGraphicCardinOven

Jika sudah selesai “dipanggang” dinginkan terlebih dahulu sekitar 1 jam, kemudian coba hasilnya bagaimana, dan jika anda berkenan , tuliskan komentar bagaimana hasilnya.

Sebenarnya panduan ini diperuntukkan bagi mereka yang telah kehilangan semua harapan . Jangan mencobanya kecuali Anda tahu risiko . Banyak pengguna di berbagai forum telah sukses dengan metode ini . Jika Anda mengalami masalah lainnya , pastikan driver diperbarui dengan cara update software terbaru.

[yasr_visitor_votes size=”small”]



Comments